Mari Berbagi...dan Memberi....

2021-05-03

PENILAIAN PEMBELAJARAN (Bagian 4- Penilaian Aspek Keterampilan)

| 2021-05-03

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber

Penilaian aspek keterampilan

Penilaian keterampilan atau disebut juga penilaian unjukkerja diartikan sebagai bentuk penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan (kompetensi) peserta didik dalam menerapkan atau mempraktikan sebuah konsepke dalam bentuk tugas tertentu sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi (IPK) yang ditargetkan sesuai dengan KI-4.

Penialain aspek keterampilan dapat dilakukan melalui berbagai tekik, antara lain:

1.   Penilaian praktik/ujuk kerja;

Penilaian praktikadalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan kompetensi dengan tujuan agardapat menilai kemampuan peserta didik dalam mendemonstrasikan keterampilannya dalam melakukan tugas tertentu (sesiai dengan indicator).

2.   Produk;

Penilaian produk adalah penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir. Penilaian produk dilakukan terhadap kualitas suatu produk yang dihasilkan peserta didik tersebut.

Penilaian produk bertujuan untuk (1) menilai keterampilan siswa dalam membuat produk tertentu sehubungan dengan pencapaian tujuan pembelajaran (2) menilai penguasaan keterampilan sebagai syarat untuk mempelajari keterampilan berikutnya; dan (3) menilai kemampuan siswa dalam bereksplorasi dan mengembangkan gagasan dalam mendesain dan menunjukkan inovasi dan kreasi 

3.   Penilaian proyek;

Penilaian proyek adalah suatu kegiatan untuk mengetahui kemmampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu instrumen proyek dalam periode/waktu tertentu. Penilaian ini meliputi rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian data, pengolahan dan penyajian data, serta pelaporan.

Penilaian proyek bertujuan untuk mengembangkan dan memonitor keterampilan siswa dalam merencanakan, melaksanakan perencanaan yang disusun dan melaporkan hasil proyek. Untuk manilai laporan hasil proyek dapat dilakukan dengan presentasi hasil melalui visual display atau laporan tertulis

4.   Penilaian portofolio;

Portofolio adalah penilaian berkelanjutan berdasarkan kumpulan informasi yang bersifat reflektif-integratif yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.

Tujuan utama dilakukannya portofolio adalah untuk menentukan hasil karya dan proses bagaimana hasil karya tersebut diperoleh sebagai salah satu bukti yang dapat menunjukkan pencapaian belajar siswa, yaitu mencapai kompetensi dasar dan indikator yang telah ditetapkan. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil pekerjaan siswa, portofolio juga berfungsi untuk mengetahui perkembangan kompetensi siswa.

Terdapat beberapa tipe/jenis portofolio yaitu portofolio yang berupa dokumentasi, portofolio yang berupa proses, dan portofolio yang berupa pameran. Pendidik dapat memilih tipe portofolio sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar dan/atau konteks mata pelajaran.

 

Contoh Penilaian Unjuk Kerja

Nama sekolah      :
Kelas/Smt           :
Mapel                  : 

1.   Kisi-kisi

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Teknik Penilaian

1

3.1  Variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional (Sepakbola, Bolavoli, Bolabasket)

 

Sepakbola

Peserta didikdapat mendemontrasikan teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam

Paraktik

 

 

 

 

 


2.  
Kartu Soal

Disajikan sebuah gambar, peserta didik melakukan/mendemontrasikan gerakan menedang dengan kaki bagian dalam. 

KARTU SOAL

Jenjang Pendidikan

:

SMP

Nomor Soal

:

 

Kurikulum

:

Level

:

      Pengetahuan

Penulis Soal

:

Tim MGMP

 

      Aplikasi

Bentuk Soal

:

Praktik

 

      Penalaran

Sumber

:

Buku PJOK K13 kelas VII/I

KD

:

3.1  Variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional (Sepakbola, Bolavoli, Bolabasket)

Materi

:

Sepakbola

Indikator Soal

:

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat mendemonstrasikan teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam dalam permainan sepak bola.


A. Butir Soal

Perhatikan gambar di bawah ini!



Soal   : Lakukan/demontrasikan cara menendang bola dengan

           menggunakan kaki bagian dengan benar!

B. Kunci Jawaban dan Penskoran

 

…………

 

Penjelasan: Gerakan menendang bola dengan tepat, sehingga bola mudah diterima oleh teman seregu adalah disebut mengoper bola.

 

3.   Instrumen

Soal        : Lakukan/demontrasikan cara menendang bola

  dengan menggunakan kaki bagian dengan

  benar!

 

4.   Rubrik Penilaian

a)    Sikap awal

1)   Latakkan salah satu kaki di samping bola dengan lutut sedikit ditekuk;

2)   Badan sedikit membungkuk dengan berat badan pada kaki tumpu;

3)   Pandangan ke arah bola;

4)   Kaki tending di belakang bola dalam kondisi rilek;

Skor: Setiap poin/gerakan yang dilakukan dengan benar/sesuai diberikan poin 1`

b)   Sikap gerakan (perkenaan kaki dengan bola)

1)   Ayun kaki belakang (kaki tedang) ke belakang;

2)   Putar telapak kaki ayun ke arah luar;

3)   Tending bolatepat pada bagian tengah belakang bola tepat oleh kaki bagian dalam;

4)   Badan dan kedua lenganmenjaga keseimbangan

5)   Skor: Setiap poin/gerakan yang dilakukan dengan benar/sesuai diberikan poin 1`

c)    Gerak lanjut

1)   Luruskan kaki tending ke depan mengikuti arah bola;

2)   Langkahkan kaki tendang ke depan;

3)   Kaki tumpu dan badan mengikuti dan menjaga gerak keseimbangan.

Skor: Setiap poin/gerakan yang dilakukan dengan benar/sesuai diberikan poin 1`

 

Penilaian Pembelajaran (Bagian 1- Konsep Penilaian)

Penilaian Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Definisi Tes, Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi



Semoga bermanfaat….!





Related Posts

No comments:

Post a Comment