Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber.
Penilaian
keterampilan atau disebut juga penilaian unjukkerja diartikan sebagai bentuk penilaian
yang dilakukan untuk mengukur kemampuan (kompetensi) peserta didik dalam
menerapkan atau mempraktikan sebuah konsepke dalam bentuk tugas tertentu sesuai
dengan indicator pencapaian kompetensi (IPK) yang ditargetkan sesuai dengan KI-4.
Penialain
aspek keterampilan dapat dilakukan melalui berbagai tekik, antara lain:
1.
Penilaian praktik/ujuk kerja;
Penilaian praktikadalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan kompetensi dengan tujuan agardapat menilai kemampuan peserta didik dalam mendemonstrasikan keterampilannya dalam melakukan tugas tertentu (sesiai dengan indicator).
2.
Produk;
Penilaian
produk adalah penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam
mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu
tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses
maupun hasil akhir. Penilaian produk dilakukan terhadap kualitas suatu produk
yang dihasilkan peserta didik tersebut.
Penilaian produk bertujuan untuk (1) menilai keterampilan siswa dalam membuat produk tertentu sehubungan dengan pencapaian tujuan pembelajaran (2) menilai penguasaan keterampilan sebagai syarat untuk mempelajari keterampilan berikutnya; dan (3) menilai kemampuan siswa dalam bereksplorasi dan mengembangkan gagasan dalam mendesain dan menunjukkan inovasi dan kreasi
3.
Penilaian proyek;
Penilaian
proyek adalah suatu kegiatan untuk mengetahui kemmampuan siswa dalam
mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu instrumen proyek
dalam periode/waktu tertentu. Penilaian ini meliputi rangkaian kegiatan mulai
dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian data, pengolahan dan
penyajian data, serta pelaporan.
Penilaian proyek bertujuan untuk mengembangkan dan memonitor keterampilan siswa dalam merencanakan, melaksanakan perencanaan yang disusun dan melaporkan hasil proyek. Untuk manilai laporan hasil proyek dapat dilakukan dengan presentasi hasil melalui visual display atau laporan tertulis
4.
Penilaian portofolio;
Portofolio
adalah penilaian berkelanjutan berdasarkan kumpulan informasi yang bersifat
reflektif-integratif yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik
dalam satu periode tertentu.
Tujuan
utama dilakukannya portofolio adalah untuk menentukan hasil karya dan proses
bagaimana hasil karya tersebut diperoleh sebagai salah satu bukti yang dapat
menunjukkan pencapaian belajar siswa, yaitu mencapai kompetensi dasar dan
indikator yang telah ditetapkan. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan
hasil pekerjaan siswa, portofolio juga berfungsi untuk mengetahui perkembangan
kompetensi siswa.
Terdapat
beberapa tipe/jenis portofolio yaitu portofolio yang berupa dokumentasi,
portofolio yang berupa proses, dan portofolio yang berupa pameran. Pendidik
dapat memilih tipe portofolio sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar
dan/atau konteks mata pelajaran.
Contoh Penilaian Unjuk Kerja
Nama sekolah :
Kelas/Smt :
Mapel :
1.
Kisi-kisi
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
Teknik
Penilaian |
1 |
3.1 Variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional (Sepakbola,
Bolavoli, Bolabasket) |
Sepakbola |
Peserta didikdapat
mendemontrasikan teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam |
Paraktik |
|
|
|
|
|
2.
Kartu Soal
Disajikan sebuah gambar, peserta didik melakukan/mendemontrasikan gerakan menedang dengan kaki bagian dalam.
KARTU SOAL
Jenjang Pendidikan |
: |
SMP |
Nomor Soal |
: |
|
Kurikulum |
: |
|
Level |
: |
Pengetahuan |
Penulis Soal |
: |
Tim MGMP |
|
Aplikasi |
|
Bentuk Soal |
: |
Praktik |
|
Penalaran |
|
Sumber |
: |
Buku PJOK K13 kelas VII/I |
|||
KD |
: |
3.1 Variasi
dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional (Sepakbola, Bolavoli, Bolabasket) |
|||
Materi |
: |
Sepakbola |
|||
Indikator Soal |
: |
Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat mendemonstrasikan teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam dalam permainan sepak bola. |
A.
Butir Soal |
Perhatikan gambar di bawah ini! Soal : Lakukan/demontrasikan cara menendang bola
dengan menggunakan kaki bagian dengan benar! |
B.
Kunci Jawaban dan Penskoran |
…………
Penjelasan:
Gerakan menendang bola dengan
tepat, sehingga bola mudah diterima oleh teman seregu adalah disebut mengoper
bola. |
3.
Instrumen
Soal : Lakukan/demontrasikan
cara menendang bola
dengan
menggunakan kaki bagian dengan
benar!
4.
Rubrik Penilaian
a)
Sikap awal
1)
Latakkan salah satu kaki di samping
bola dengan lutut sedikit ditekuk;
2)
Badan sedikit membungkuk dengan berat
badan pada kaki tumpu;
3)
Pandangan ke arah bola;
4)
Kaki tending di belakang bola dalam kondisi
rilek;
Skor: Setiap poin/gerakan yang dilakukan dengan
benar/sesuai diberikan poin 1`
b)
Sikap gerakan (perkenaan kaki dengan
bola)
1)
Ayun kaki belakang (kaki tedang) ke
belakang;
2)
Putar telapak kaki ayun ke arah luar;
3)
Tending bolatepat pada bagian tengah
belakang bola tepat oleh kaki bagian dalam;
4)
Badan dan kedua lenganmenjaga keseimbangan
5) Skor:
Setiap poin/gerakan yang dilakukan dengan
benar/sesuai diberikan poin 1`
c)
Gerak lanjut
1)
Luruskan kaki tending ke depan
mengikuti arah bola;
2)
Langkahkan kaki tendang ke depan;
3)
Kaki tumpu dan badan mengikuti dan
menjaga gerak keseimbangan.
Skor: Setiap poin/gerakan yang dilakukan dengan
benar/sesuai diberikan poin 1`
Penilaian Pembelajaran (Bagian 1- Konsep Penilaian)
Penilaian Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Definisi Tes, Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi
Semoga bermanfaat….!
No comments:
Post a Comment