Mari Berbagi...dan Memberi....

2021-05-04

Jenis Penilaian Pembelajaran Ditinjau dari Waktu Pelaksanaan Penilaian

| 2021-05-04


Sesuai dengan peraturan perundang-undangan penilaian merupakan salah satu kewajiban guru yang harus dilakukan terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan, hal ini bertujuan untuk mengetahui capaian kompetensi peserta didik apakah telah mencapai target minimal yang harus dituntaskan atau sebaliknya.

Ujian sekolah berbasis TIK

Jika ditinjau dari waktu pelaksanaan penilaian oleh guru, maka dapat diklasifikasikan jenis penilaian adalah sebagaiberikut:

1.   Penilaian Harian (PH)

Penilaian harian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi dan memperbaiki proses pembelajaran (assessment as dan for learning), dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi serta menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi (assessment of learning).

2.   Penilaian Tengah Semester (PTS)

Penilaian Tengah Semester adalah penilaian yang dilaksanakan pada minggu ke­8 atau ke­9 dalam satu semester. Adapun materi PTS meliputi semua KD yang sudah dipelajari sampai dengan minggu ke­7 atau ke­8.

3.   Penilaian Akhir Semester (PAS)

Penilaian Akhir Semester adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester gasal dengan materi semua KD pada semester tersebut.

4.   Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Penilaian Akhir Tahun adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap.

5.   Ujian Sekolah (US)

Ujian Sekolah adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan untuk mata pelajaran yang tidak diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan dilakukan satuan pendidikan.

Semua jenis penilaian di atas harus dirancang sebaik-baiknya agar tujuan dari penilaian tercapai, mulai dari menentukan tujuan penilaian, jenis/bentuk instrument yang akan digunakan, melakukan penelaahan terhadap indicator penilaian (SK/KD/IPK), menyusun kisi-kisi, kartu soal, menyusun soal/instrument, menyusun rubric penilaian, dan atau pedoman penskoran.

Hasil penilaian yang diperoleh peserta didik, selanjutnya harus diolah atau dianalisis untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang dilakukan guru serta kompetensi yang diperoleh masing-masing peserta didik apakah sudah mencapai atau melapaui target (KKM) yang telah ditentukan ataubelu.

Manfaat pengolahan atau analisis hasil penilaian akan membantu untuk menentukan tindakan berikutnya yang harus dilaksanakan guru (program tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran), misalnya remedial atau pengayaan, serta feedbak bagi guru sendiri.

 

Semoga bermanfaat….! Jangan lupa berbagi….

 

Related Posts

No comments:

Post a Comment