Sebagai sebuah proses, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah tentu ada kelebihan atau kekurangan. Kekurangan inilah yang harus menjadi fokus perhatian karena kekurangan atau kelemahan menandakan adanya masalah atau kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Sebagai alternatif pemecahannya adalah guru harus
melakukan umpan balik atau feedback
terhadap seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan, dengan demikian kegiatan/program
atau tindakan yang akan dilaksanakan selanjutnya dapat disusun secara tepat dan
akurat.
Tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran yang
dilakukan oleh pendidik senantiasa berpedoman kepada hasil evaluasi yang telah
dilaksanakan melalui kegiatan tes, penilaian, dan pengukuran. Program lanjutan
yang dapat dilakukan oleh pendidik berupa perbaikan (remedial), dan pengayaan (enrichment).
Menurut Rink, bahwa: “Feedback
often serves as motivational function.” Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa, “Feedback
serve three functions: (1) informing, (2) reinforcing, and (3) motivating.
Maksudnya umpan balik
itu memiliki tiga
fungsi yaitu pemberitahuan
atau informasi, penguatan, dan
motivasi.
Sebagai bahan gambaran bahwa, kegiatan remedial
sifatnya lebih rumit dibandingkan dengan pengayaan, karena pengayaan sifatnya
hanya memperkaya, memperluas, memperdalam kemampuan peserta didik yang telah
tuntas. Remedial mengandung makna, pengobatan, memperbaiki
atau menolong, dapat dijelaskan
bahwa remedial merupakan bentuk pengajaran yang bersifat memperbaiki,
menyembuhkan, atau membetulkan sehingga pengajaran menjadi lebih baik dan dapat
mencapai tujuan (Mukhtar dan Rusmini, 2005).
Program remedial dan pengayaan harus disusun dengan
jelas, berapa orang peserta didik yang perlu perbaikan, dan berapa orang
peserta didik yang perlu mendapat pengayaan, kapan pelaksanaannya, berapa lama,
dimana, apakah berupa tugas individu atau kelompok, dan lain-lain. Kegiatan
tindak lanjut didasarkan kepada pencapaian kompetensi setiap indikator yang
harus dicapai peserta didik dan telah ditetapkan sebelumnya.
Tabel 7: Contoh Format Remedial
SMP : SMP Negeri 5
Cikeusik
Mata
Pelajaran : PJOK
Materi :
Permainan Bola Besar (Bola Voli)
Kelas :
IX
Semester /Tahun
Pelajaran. : II
/ 2016/2017
No |
Nama
Siswa |
Target
Kompetensi |
Aspek |
Materi |
Indikator |
KKM |
Bentuk
Remedial |
NILAI |
Ket. |
||
SK |
KD |
Awal |
Remidi |
||||||||
1 |
Misnah |
1. |
1.3 |
1. |
Loncat tinggi |
Gaya Guling perut (Sikap badan diatas mistar) |
72 |
Tugas berlatih teknik
loncat tinggi (awal, tolakan, sikap diatas mistar, mendarat) 3 x pertemuan di
luar jam sekolah secara berkelompok Penekanan tugas pada teknik tolakkan |
69 |
75 |
Tuntas dengan nilai 82 |
2 |
Juju |
1. |
1.3 |
1. |
Loncat tinggi |
Gaya Guling perut (teknik mendarat) |
72 |
Tugas berlatih teknik loncat
tinggi (awal, tolakan, sikap diatas mistar, mendarat) 3 x pertemuan di luar
jam sekolah secara berkelompok Penekanan tugas pada teknik di atas mistar |
68 |
76 |
Tuntas dengan nilai 84 |
3 |
Iwan |
1. |
1.3 |
1. |
Loncat tinggi |
Gaya Guling perut (Sikap badan diatas mistar) |
72 |
Tugas berlatih teknik
loncat tinggi (awal, tolakan, sikap diatas mistar, mendarat) 3 x pertemuan di
luar jam sekolah secara berkelompok Penekanan tugas pada teknik tolakkan |
70 |
77 |
Tuntas dengan nilai 82 |
Cikeusik, 2016
Kepala Sekolah , Guru
Mata Pelajaran
AHMAD YANI, M.Pd EMAN SETIAWAN, S.Pd
NIP’197505011999031004 NIP.
|
|
Tabel 8: Contoh Format Pengayaan
SMP : SMP Negeri 5
Cikeusik
Mata
Pelajaran : PJOK
Materi : Permainan Bola
Besar (Bola Voli)
Kelas :
IX
Semester
/Tahun Pelajaran. :
II / 2016/2017
No |
Nama Siswa |
Target Kompetensi |
Aspek |
Materi |
Indikator |
KKM |
Bentuk Pengayaan |
NILAI |
Ket. |
||
SK |
KD |
|
|
|
|
|
Awal |
Pengayaan |
|
||
1 |
Saepudin |
1. |
1.1 |
1. |
Bolavoli |
Pasing
bawah |
70 |
Tugas berlatih pasing atas berpasangan 2 x seminggu di luar jam sekolah |
75 |
80 |
|
2 |
Andri |
1. |
1.1 |
1. |
Bolavoli |
Pasing
Bawah |
70 |
Tugas
berlatih pasing bawah berpasangan 2 x seminggu di luar jam sekolah |
78 |
85 |
|
3 |
Hanah
Hopipah |
1. |
1.1 |
1. |
Bolavoli |
Pasing
Bawah |
70 |
Tugas
berlatih pasing bawah berpasangan 2 x seminggu di luar jam sekolah |
75 |
80 |
|
Cikeusik, 2016 Kepala Sekolah , Guru
Mata Pelajaran AHMAD YANI, M.Pd EMAN
SETIAWAN, S.Pd NIP’197505011999031004 NIP. |
|
No comments:
Post a Comment