Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-07-18

Program Tindak Lanjut Hasil Penialian Pembelajaran

| 2020-07-18

Rencana Tindak lanjut hasil kegiatan penilaian pembelajaran
Sebagai sebuah proses, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah tentu ada kelebihan atau kekurangan. Kekurangan inilah yang harus menjadi fokus perhatian karena kekurangan atau kelemahan menandakan adanya masalah atau kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Sebagai alternatif pemecahannya adalah guru harus melakukan umpan balik atau feedback terhadap seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan, dengan demikian kegiatan/program atau tindakan yang akan dilaksanakan selanjutnya dapat disusun secara tepat dan akurat. 

Tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik senantiasa berpedoman kepada hasil evaluasi yang telah dilaksanakan melalui kegiatan tes, penilaian, dan pengukuran. Program lanjutan yang dapat dilakukan oleh pendidik berupa perbaikan (remedial), dan pengayaan (enrichment).

Menurut Rink, bahwa: “Feedback often serves as motivational function.  Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa, “Feedback serve three functions: (1) informing, (2) reinforcing, and (3) motivating. Maksudnya  umpan  balik  itu  memiliki  tiga  fungsi  yaitu  pemberitahuan  atau informasi,  penguatan,  dan  motivasi.

Sebagai bahan gambaran bahwa, kegiatan remedial sifatnya lebih rumit dibandingkan dengan pengayaan, karena pengayaan sifatnya hanya memperkaya, memperluas, memperdalam kemampuan peserta didik yang telah tuntas. Remedial mengandung makna, pengobatan, memperbaiki atau menolong, dapat dijelaskan bahwa remedial merupakan bentuk pengajaran yang bersifat memperbaiki, menyembuhkan, atau membetulkan sehingga pengajaran menjadi lebih baik dan dapat mencapai tujuan (Mukhtar dan Rusmini, 2005).

Program remedial dan pengayaan harus disusun dengan jelas, berapa orang peserta didik yang perlu perbaikan, dan berapa orang peserta didik yang perlu mendapat pengayaan, kapan pelaksanaannya, berapa lama, dimana, apakah berupa tugas individu atau kelompok, dan lain-lain. Kegiatan tindak lanjut didasarkan kepada pencapaian kompetensi setiap indikator yang harus dicapai peserta didik dan telah ditetapkan sebelumnya.

 

 

 

 

Tabel 7: Contoh Format Remedial

 

SMP                                                                       : SMP Negeri 5 Cikeusik 

Mata Pelajaran                                                    : PJOK  

Materi                                                                     : Permainan Bola Besar (Bola Voli)

Kelas                                                                      : IX

Semester /Tahun Pelajaran.                             : II  / 2016/2017

No

Nama Siswa

Target Kompetensi

Aspek

Materi

Indikator

KKM

Bentuk Remedial

NILAI

Ket.

SK

KD

Awal

Remidi

1

Misnah

 

 

 

1.

1.3

1.

Loncat tinggi

Gaya Guling perut (Sikap badan diatas mistar)

72

Tugas berlatih teknik loncat tinggi (awal, tolakan, sikap diatas mistar, mendarat) 3 x pertemuan di luar jam sekolah secara berkelompok

Penekanan tugas pada teknik tolakkan

69

75

Tuntas dengan nilai 82

2

Juju

 

 

 

1.

1.3

1.

Loncat tinggi

Gaya Guling perut (teknik mendarat)

72

Tugas berlatih teknik loncat tinggi (awal, tolakan, sikap diatas mistar, mendarat) 3 x pertemuan di luar jam sekolah secara berkelompok

Penekanan tugas pada teknik di atas mistar

68

76

Tuntas dengan nilai 84

3

Iwan

 

 

 

 

1.

1.3

1.

Loncat tinggi

Gaya Guling perut (Sikap badan diatas mistar)

72

Tugas berlatih teknik loncat tinggi (awal, tolakan, sikap diatas mistar, mendarat) 3 x pertemuan di luar jam sekolah secara berkelompok

Penekanan tugas pada teknik tolakkan

70

77

Tuntas dengan nilai 82

                                                                                                                                                                                                                               

Cikeusik,                         2016

                Kepala Sekolah     ,                                                               Guru Mata Pelajaran

               

 

 

                AHMAD YANI, M.Pd                                                               EMAN SETIAWAN, S.Pd

                NIP’197505011999031004                                                     NIP.

 

 

 

 

Tabel 8: Contoh Format Pengayaan

 

SMP                                                                       : SMP Negeri 5 Cikeusik 

Mata Pelajaran                                                    : PJOK  

Materi                                                                     : Permainan Bola Besar (Bola Voli)

Kelas                                                                      : IX

Semester /Tahun Pelajaran.                             : II  / 2016/2017

 

No

Nama Siswa

Target Kompetensi

Aspek

Materi

Indikator

KKM

Bentuk Pengayaan

NILAI

Ket.

SK

KD

 

 

 

 

 

Awal

Pengayaan

 

1

Saepudin

 

 

 

1.

1.1

1.

Bolavoli

Pasing bawah

70

Tugas berlatih pasing atas berpasangan 2 x seminggu di luar jam sekolah

75

80

 

2

Andri

 

 

 

1.

1.1

1.

Bolavoli

Pasing Bawah

70

Tugas berlatih pasing bawah berpasangan 2 x seminggu di luar jam sekolah

78

85

 

3

Hanah Hopipah

 

 

 

1.

1.1

1.

Bolavoli

Pasing Bawah

70

 

 

Tugas berlatih pasing bawah berpasangan 2 x seminggu di luar jam sekolah

75

80

 

 

                                               

                       Cikeusik,                         2016

                Kepala Sekolah     ,                                                               Guru Mata Pelajaran

               

 

 

                AHMAD YANI, M.Pd                                                               EMAN SETIAWAN, S.Pd

                NIP’197505011999031004                                                     NIP.

 

 

 


Related Posts

No comments:

Post a Comment