Dalam sebuah kurikulum, sering kali guru dihadapkan dengan banyaknya materi pelajaran yang harus disampaikan kepada siswa, terlebih pada saat bencana alam termasuk pandemi dengan segala pembatasan dan resiko.
Terbitnya Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 018/H/Kr/2020 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan
Pendidikan Menengah untuk Kondisi Khusus adalah
salah satu bentuk pengendalian materi yang harus disampaikan guru.
Menghadapi situasi ini mau
tidak mau guru harus mampu melakukan penyesuaian antara banyaknya KI/KD, CP,
atau materi pelajaran dengan jumlah alokasi waktu yang tersedia.
Pertimbangan pertama tentu
adalah memilih untuk menyampaikan materi esensial atau penting yang
penentuannya tentu tidak boleh atas pertimbangan pribadi guru, namun harus ada
pertimbangan pedagogisnya.
Dalam menentukan materi penting atau esensial merupakan langkah
awal yang harus dilakukan dalam menyiapkan bahan ulangan/ujian adalah
menentukan kompetensi dan materi yang akan diujikan.
Setelah menentukan kompetensi yang akan
diukur, maka langkah berikutnya adalah menentukan materi yang akan diujikan.
Penentuan materi yang akan diujikan sangat penting karena di dalam satu tes tidak
mungkin semua materi yang telah diajarkan dapat diujikan dalam waktu yang
terbatas, misalnya satu atau dua jam. Oleh karena itu, setiap guru harus
menentukan materi mana yang sangat penting dan penunjang, sehingga dalam waktu
yang sangat terbatas, materi yang diujikan hanya menanyakan materi-materi yang
sangat penting saja. Materi yang telah ditentukan harus dapat diukur sesuai
dengan alat ukur yang akan digunakan yaitu tes atau non-tes.
Penentuan materi penting atau esensial guru harus mempertimbangkan kriteria sebagai berikut:
1.
Urgensi, yaitu materi secara teoritis
mutlak harus dikuasai oleh peserta didik.
2.
Kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang
merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari
sebelumnya.
3.
Relevansi, yaitu materi yang diperlukan
untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain.
4.
Keterpakaian, yaitu materi yang memiliki
nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
No comments:
Post a Comment