Mari Berbagi...dan Memberi....

2022-03-08

ANALISIS BUTIR SOAL SECARA KUALITATIF

| 2022-03-08

Berdasarkan peraturan bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Dalam menjalankan tugas sebagai pendidik dan pengajar, penilaian dan atau evaluasi merupakan bagian tak terpoisahkan dalam menjalankan profesinya.

Keberhasilan proses pembelajaran akan diketahui melalui serangkaian asesmen atau penilaian serta evaluasi yang hasilnya dapat diperoleh melalui proses penilaian dengan menggunakan instrument (soal) yang terstandar, artinya bahwa instrument atau soal yang digunakan memenuhi persyaratan sebagai soal/instrument yang baik, yang memiliki syarat tertentu, antara lain validitas dan reliabilitas soal yang baik.

Oleh karena itu sebelum instrument atau soal digunakan harus dilakukan kajian atau analisis apakah memenuhi sebagai soal yang layak diujikan, baik dari aspek materi, konstruksi, maupun dari aspek bahasa.

Analisis butir soal merupakan sebuah proses pengumpulan, peringkasan, dan penggunaan informasi dari jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian (Nitko, 1996: 308).

Tujuan penelaahan adalah:

q  untuk mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu sebelum soal digunakan.

q  membantu meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif, serta untuk mengetahui informasi diagnostik pada siswa apakah mereka sudah/belum memahami materi yang telah diajarkan

Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi setepat-tepatnya sesuai dengan tujuannya di antaranya dapat menentukan peserta didik mana yang sudah atau belum menguasai materi yang diajarkan guru.

Manfaat Analisis Butir Soal

Mengidentifikasi kekurangan-kekurangan dalam tes atau dalam pembelajaran, diantaranya:

  1. Membantu para pengguna tes dalam evaluasi atas tes yang digunakan,
  2. Sangat relevan bagi penyusunan tes informal dan lokal seperti tes yang disiapkan guru untuk siswa di kelas,
  3. Mendukung penulisan butir soal yang efektif,
  4. Secara materi dapat memperbaiki tes di kelas,
  5. Meningkatkan validitas soal dan reliabilitas;

(Anastasi dan Urbina, 1997:184)

 

Manfaat Lainnya

  1. Apakah fungsi soal sudah tepat?
  2. Apakah soal ini memiliki tingkat kesukaran yang tepat?
  3. Apakah soal bebas dari hal-hal yang tidak relevan?
  4. Apakah pilihan jawabannya efektif?
  5. Diskusi kelas efisien tentang hasil tes,
  6. Untuk kerja remedial,
  7. Untuk peningkatan secara umum pembelajaran di kelas, dan
  8. Untuk peningkatan keterampilan pada konstruksi tes.

Linn dan Gronlund (1995: 315)

 

Teknik Analisis Butir Soal dapat dilakukan melalui:

1.   Analisis Kualitatif, dalam kaitan dengan isi dan bentuknya (mencakup pertimbangan validitas isi dan konstruk)

2.   Analisis Kuantitatif, dalam kaitan dengan ciri-ciri statistiknya (kuantitatif mencakup pengukuran kesulitan butir soal dan diskriminasi soal yang termasuk validitas soal dan reliabilitasnya.

 

ANALISIS BUTIR SOAL SECARA KUALITATIF

Aspek yang diperhatikan di dalam penelaahan secara kualitatif ini adalah setiap soal ditelaah dari segi materi, konstruksi, bahasa/budaya, dan kunci jawaban/pedoman penskorannya.

Yang harus disiapkan:

1.   kisi-kisi tes,

2.   kurikulum yang digunakan,

3.   buku sumber, dan

4.   kamus bahasa Indonesia.

Teknik analisis butir soal secara kualitatif bisa dilakukan melalui teknik Teknik Moderator (Teknik moderator merupakan teknik berdiskusi yang di dalamnya terdapat satu orang sebagai penengah; setiap soal ditelaah secara bersama), dan Teknik Panel (Setiap butir soalnya ditelaah berdasarkan kaidah penulisan butir soal, yaitu ditelaah dari segi materi, konstruksi, bahasa/budaya, kebenaran kunci jawaban/pedoman penskorannya yang dilakukan oleh beberapa penelaah).

Dalam menganalisis butir soal secara kualitatif, penggunaan format penelaahan soal akan sangat membantu dan mempermudah prosedur pelaksanaannya.

Pelaksanaan:

Analisislah setiap butir soal berdasarkan semua kriteria yang tertera di dalam format!

1.   Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan kriteria!

2.   Berilah tanda cek (V) pada kolom "Tidak" bila soal yang ditelaah tidak sesuai dengan kriteria,

3.   kemudian tuliskan alasan pada ruang catatan atau pada teks soal dan perbaikannya.

Contoh:


Download PPT Analisis Butir Soal 

ANALISIS BUTIR SOAL SECARA KUANTITATIF

Penilaian Pembelajaran (Bagian 1- Konsep Penilaian)

Cara menghitung tingkat kesukaran sebuah soal

Cara menghitung daya pembeda

Cara menghitung penyeberan jawaban/distractor

Reliabilitas skor



Semoga bermanfaat….! Jangan lupa berbagi….






Related Posts

No comments:

Post a Comment