Mari Berbagi...dan Memberi....

2022-05-15

Panduan Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

| 2022-05-15

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dikembangkan dari Capaian Pembelajaran (CP). Dalam Kurikulum 2013, CP dikenal dengan nama Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

Apakah itu Capaian Pembelajaran (CP)?

Capaian pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik di akhir fase untuk suatu mata pelajaran.

Capaian Pembelajaran untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA/SMK) terdiri dari 6 fase (A-F), terdiri dari :

Fase A untuk kelas 1 dan 2 SD

Fase B untuk kelas 3 dan 4 SD

Fase Cuntuk kelas 5 dan 6 SD

Fase D untuk kelas 7 dan 8 SMP

Fase E untuk kelas 9

Fase F untuk kelas 10 - 12



 

Kewajiban guru adalah membuat turunan dengan menyusun Capaian Pembelajaran (CP) ke dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Untuk itu guru perlu berkolaborasi dengan rekan sejawat (satu mapel/rumpun) untuk menurunkan CP menjadi tujuan-tujuan pembelajaran dengan tingkat kesulitan materi yang berjenjang sehingga membetuk satu alur yang telah mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, beserta materi/konten inti.

Selanjutnya merangkai tujuan-tujuan pembelajaran dalam satu alur dengan mempertimbangkan jenjang kedalaman materi, jenjang cakupan, dan jenjang kesulitannya.

Apakah itu Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)?

Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari

Perumusan dan penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran berfungsi mengarahkan guru dalam merencanakan, mengimplementasi dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga capaian pembelajaran diperoleh secara sistematis, konsisten, terarah dan terukur.

Penggunaan kata kerja operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran memfasilitasi guru dalam mengidentifikasi indikator atau kegiatan/aktivitas pembelajaran yang tentunya sangat terkait dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran baik formatif maupun sumatif.

Prinsip Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

§  Esensial.

Dalam Alur Tujuan Pembelajaran harus ada penjabaran konsep, keterampilan dan konten inti yang diperlukan untuk mencapai CP.

 

§  Berkesinambungan.

Bahwa dalam Aalur Tujuan Pembelajaran, tujuan tersusun secara berkesinambungan dan urut secara berjenjang dengan arah yang jelas.

 

§  Kontekstual.

Tahapan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.

 

§  Sederhana.

Tujuan Pembelajaran disampaikan dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami.

Apa yang perlu dipertimbangkan saat menyusun ATP:

1.   Kemampuan prasyarat. Perhatikan kemampuan prasyarat yang perlu dipelajari peserta didik untuk menguasai kompetensi pada CP.

2.   Cakupan dan keluasan TP. Tujuan Pembelajaran sebaiknya tidak terlalu umum.

3.   Pertimbangkan untuk memecah TP yang terlalu umum ke dalam beberapa TP.

 

7 Langkah Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

Panduan umum merumuskan ATP dan TP





 

Related Posts

No comments:

Post a Comment