Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dikembangkan dari Capaian Pembelajaran (CP). Dalam Kurikulum 2013, CP dikenal dengan nama Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
Apakah itu Capaian Pembelajaran (CP)?
Capaian pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik di akhir fase untuk suatu mata pelajaran.
Capaian
Pembelajaran untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA/SMK) terdiri
dari 6 fase (A-F), terdiri dari :
Fase A untuk kelas
1 dan 2 SD
Fase B untuk kelas
3 dan 4 SD
Fase Cuntuk kelas 5
dan 6 SD
Fase D untuk kelas 7
dan 8 SMP
Fase E untuk kelas
9
Fase F untuk kelas 10 - 12
Kewajiban guru
adalah membuat turunan dengan menyusun Capaian Pembelajaran (CP) ke dalam Alur
Tujuan Pembelajaran (ATP).
Untuk itu guru
perlu berkolaborasi dengan rekan sejawat (satu mapel/rumpun) untuk menurunkan
CP menjadi tujuan-tujuan pembelajaran dengan tingkat kesulitan materi yang
berjenjang sehingga membetuk satu alur yang telah mencakup aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan, beserta materi/konten inti.
Selanjutnya merangkai
tujuan-tujuan pembelajaran dalam satu alur dengan mempertimbangkan jenjang
kedalaman materi, jenjang cakupan, dan jenjang kesulitannya.
Apakah itu Alur Tujuan Pembelajaran
(ATP)?
Alur
pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis
menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini
disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan
dari hari ke hari
Perumusan
dan penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran berfungsi mengarahkan guru dalam
merencanakan, mengimplementasi dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan
sehingga capaian pembelajaran diperoleh secara sistematis, konsisten, terarah
dan terukur.
Penggunaan
kata kerja operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran memfasilitasi guru
dalam mengidentifikasi indikator atau kegiatan/aktivitas pembelajaran yang tentunya
sangat terkait dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran
baik formatif maupun sumatif.
Prinsip Alur
Tujuan Pembelajaran (ATP)
§ Esensial.
Dalam Alur
Tujuan Pembelajaran harus ada penjabaran konsep, keterampilan dan konten inti
yang diperlukan untuk mencapai CP.
§ Berkesinambungan.
Bahwa dalam
Aalur Tujuan Pembelajaran, tujuan tersusun secara berkesinambungan dan urut
secara berjenjang dengan arah yang jelas.
§ Kontekstual.
Tahapan Tujuan
Pembelajaran sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.
§ Sederhana.
Tujuan Pembelajaran
disampaikan dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami.
Apa yang perlu
dipertimbangkan saat menyusun
ATP:
1. Kemampuan
prasyarat. Perhatikan kemampuan prasyarat yang perlu
dipelajari peserta didik untuk menguasai kompetensi pada CP.
2. Cakupan
dan keluasan TP. Tujuan Pembelajaran sebaiknya tidak terlalu
umum.
3. Pertimbangkan
untuk memecah TP yang terlalu umum
ke dalam beberapa TP.
7 Langkah Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran
Panduan umum merumuskan ATP dan TP
No comments:
Post a Comment