Mari Berbagi...dan Memberi....

2022-05-15

7 Langkah Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

| 2022-05-15

Capaian Pembelajaran (CP) disusun oleh pemerintah, jadi guru tidak perlu menyusunnya. Yang harus dilakukan adalah menyusun ATP, Tujuan Pembelajaran (TP), dan Modul Ajar. 

Dalam menyusun ATP guru perlu melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Ada enam fase CP, yaitu:

Fase A untuk kelas 1 dan 2 SD

Fase B untuk kelas 3 dan 4 SD

Fase Cuntuk kelas 5 dan 6 SD

Fase D untuk kelas 7 dan 8 SMP

Fase E untuk kelas 9

Fase F untuk kelas 10 - 12

 

Berikut 7 Langkah dalam Penyusunan ATP:

1.   Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap;

2.   Identifikasi kompetensi-kompetensi di akhir fase dan kompetensi-kompetensi sebelumnya yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase;

3.   Melakukan analisis setiap elemen dan atau sub[1]elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada Fase tersebut.

Ada enam dimensi, yaitu:

·         beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,

·         mandiri,

·         bergotong-royong,

·         berkebinekaan global,

·         bernalar kritis, dan

·         kreatif.

4.   Berdasarkan identifikasi kompetensi[1]kompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

5.   Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

6.   Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama); dan

7.   Berdasarkan perumusan TP tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan.

 Contoh: TP untuk mencapai suatu kompetensi pengetahuan 120 menit, keterampilan 480, dan sikap 120 menit.





Related Posts

No comments:

Post a Comment