Dalam rangka
membantu peserta didik, guru, kepala sekolah dan Tenaga Kependidikan dalam
melaksanakan dan memberikan layanan pendidikan terbaik saat pandemic kepada
peserta didik, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
meluncurkan Akun Pembelajaran.
Apa itu Akun
Pembelajaran?
Akun
Pembelajaran adalah sebuah akun elektronik yang didalamnya berisikan nama akun (user ID) beserta akses untukdapat
masuk berupa akun (password) yang
diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akun ini diperuntukan
bagi peserta didik, guru, dan Tenaga Kependidikan yang dapat mengakses
layananatau aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.
Akun Pembelajaran merupakan
akun pembelajaran dengan domain “BELAJAR.ID”.
Akun inni diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan
tentang pembelajaran di masaPandemi Covid-19,
atau dalam upaya mendukung penerapan
teknologi informasi dalam seluruh kegiatan pembelajaran di sekolah atau di
rumah saat ini dan seterusnya.
Peserta didik yang bias memiliki akun ini adalah siswa SD, Paket A, SMP,
Paket B, SMA, Paket C. selain itu guru dan Tenaga Kependidikan, kepala sekolah
dan operator sekolah pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah berhak untu
kmemiliki Akun Pembelajaran ini.
Akun Pembelajaran ini tidak
berbayar alias gratis dan dapat mengakses seluruh aplikasi atau layanan pendukung
pembelajaran dalam GSuite For Education.
Manfaat yang dipeoleh dengan
Akun Pembelajaran ini (Google Suite For
Education) antara lain bisa digunakan sebagai akses layanan pembelajaran,
misalnya surat elektroik (e-mail),
penyimpanan dan pembagian dokumen, pengelolaan adminitrasi pembelajaran,
penyusunan jadwal pembekajaran, proses pembelajaran secara daring.
Berikut tahapan agar semua
pengguna dapat mengakses layanan Akun Pembelajaran:
1. Operator sekolah mengakses/masuk ke
laman pd.data.kemdikbud.go.id;
2. Operator sekolah mengunduh arsip CSV
yang berisi nama akun atau user id,
dan nama akses akun atau username;
3. Operator sekolah membagikan user id dan nama username
kepada masing-masing pemiliknya/pengguna;
4. Untuk mengaktifkan akun pembelajaran,
masukan user id dan password akun pembelajaran masing-masing
pengguna agar bisa log in pada laman mail.google.com;
5. Klik log in;
6. Selanjutnya ubah kata sandai (password) yang diinginkan;
7. Tulis ulang kata sandi yang sama pada
kotak konfirmasi;
8. Klik ubah;
9. Jika berhasil akan muncul tanda
ceklis, Akun Pembelajaran telah aktif dan siap digunakan untuk mengakses apapun
yang dikirim oleh Kemdikbud;
Akun Pembelajaran merupakan wahana komunikasi secara elektronik antara Kementerian Pendidikan dan Keudayaan dengan pendidik dan peserta didik. Melalui Akun Pembelajaran materi dan informasi akan dikirim ke alamat pos elektronik, dan Akun Pembelajaran sudah dapat digunakan untukmeng akses aplikasi-aplikasi resmi dari kemdibud;
Perlu diperhatikan bahwa, jika pengguna Akun
Pembelajaran tidak mengaktifkan atau mengakses dengan cara
mengubah paswsword masing-masing
pengguna paling lambat tanggal 30 Juni 2021, maka secara otomatis Akun
Pembelajaran tersebut akan terhapus atau dinonaktifkan secara otomatis.
Semoga
bermanfaat….! Jangan lupa berbagi….
No comments:
Post a Comment