Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-09-15

Keterampilan Gerak Lari Cepat (Sprint)

| 2020-09-15
Keterampilan lari sprint

Menurut Yuda M. Saputra (2001:1), bahwa lari cepat atau sprint  merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik.

Pengertian atletik (athletic) sendiri merupakan cabang olahraga yang meliputi jalan, lari cepat atau sprint  lompat dan lempar. Lebih jauh beliau menjelaskan bahwa lari cepat atau sprint  sprint adalah  kemampuan yang ditandai proses memindahkan posisi tubuh, dari satu tempat ke tempat lainnya secara cepat, melebihi gerak dasar pada keterampilan lari cepat atau  santai (jogging).

Lari cepat atau sprint  merupakan bentuk gerakan lanjutan dari jalan, berlari cepat atau sprint  memiliki karakteristik yang berbeda, terutama ada saat kedua kaki melayang dan tidak kontak dengan tanah. David L. Gallahue dan John C. Ozmun (2006:205).

Jika melihat tahap kemampuan gerak, maka gerakan lari cepat atau sprint  dikelompokan sebagai gerakan locomotor. Namun demikian untuk dapat berlari cepat atau sprint  dengan cepat dan gerakan yang benar dibutuhkan berbagai macam bentuk latihan dan pengalaman gerak yang mendukung kearah tersebut.

Aspek motorik kasar seperti jalan, lari cepat atau sprint,  lempar, dan lompat dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain. Jika kemampuan ini dikembangkan melalui berbagai bentuk latihan dan pengalaman aneka gerak, maka akan berdampak kepada kemampuan gerakan lainnya, yaitu gerakan nonlokomotor dan manipulasi. (Yuda M. Saputra, 2001:7).

Penguasaan gerak lari cepat atau sprint  dapat memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi anak untuk berpartisipasi dalam aneka kegiatan atau aktivitas olahraga yang lainnya. Karena gerakan-gerakan dalam atletik termasuk keterampilan lari cepat atau sprint  menjadi pondasi dalam melakukan kemampuan gerak pada cabang olahraga lainnya. Hal ini seperti yang dinyatakan oleh David L. Gallahue dan John C. Ozmun (2006:205), bahwa: “The mature running pattern is fundamental to succesfull participation in a variety of sport related activitie.




Related Posts

No comments:

Post a Comment