Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-09-15

Permainan Bentengan (Tag Game)

| 2020-09-15

Permainan bentengan (tag game)


Permainan tag game atau dikenal dengan bentengan adalah sebuah permainan outdoor activity yang tampak sderhana, namun sebenarnya dalam permainan ini tampak kecepatan berpikir, kecepatan bertindak yang tidak kalah dengan cabang-cabang olahraga yang baku. (Sanusi, 2008:7).

Permainan tag game di dalam permainan tradisional Indonesia permainan lebih dikenal dengan bentengan. Permainan ini dimainkan oleh dua regu masing-masing 10 (sepuluh) orang. Masing-masing pemain berusaha mengejar dan menangkap lawan yang lebih dahulu keluar meninggalkan daerah lapangannya. Pemain yang berhak menangkap adalah pemain lawan yang keluar belakangan, dan ia berhak ditangkap oleh lawan yang keluar berikutnya, dan seterusnya. Pemain yang tertangkap akan menjadi tawanan regu lawan, untuk kemudian dibebaskan oleh kawannya sendiri. (Uhamisastra, 2010:71-74).

Begitulah permainan tag game atau bentengan dilakukan hingga seluruh lawannya tertangkap sebelum batas waktu 20 menit. Permainan tag game membutuhkan kecepatan, reaksi, dan kebugaran, dan sangat cocok untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan gerak dasar lari cepat atau sprint karena ciri khas permainannya adalah berlari cepat atau sprint  saling kejar, baik untuk menangkap lawan, membebaskan diri dari kejaran lawan, atau dalam upaya membebaskan kawan yang menjadi tahanan lawan. 



Related Posts

No comments:

Post a Comment