Mari Berbagi...dan Memberi....

2024-05-24

Praktik Baik Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Apresiasi GTK)

| 2024-05-24

Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka, pemerintah melalui Kemterian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan teknologi memberikan apresiasi kepada GTK (Guru fan Tenaga Kependidikan) inovatif, inspiratif dan dedeikatif.

Apresiasi inii biasanya dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN).

Apa itu GTK inovatif, inspiratif dan dedikatif?



GTK inovatif adalah GTK yang selalu melakukan upaya pembaharuan strategi dan mencoba berbagai hal baru dengan menggunakan teknologi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai dengan bidang tugas dan mata pelajaran yang diampu. Selain itu membudayakan refleksi dan evaluasi untuk melakukan transformasi secara Berkelanjutan.

GTK dedikatif adalah GTK yang mencurahkan tenaga, pikiran, waktu dan selalu mengabdikan dirinya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka demi keberhasilan pendidikan. GTK dedikatif selalu siap menghadapi tantangan dan tangguh menghadapi kesulitan dalam pendidikan yang berorientasi kepada peserta didik di daerah khusus dengan atau tanpa memanfaatkan teknologi.

Sedangkan GTK  inspiratif adalah GTK yang mampu menstimulasi dan menggerakkan peserta didik dan teman sejawat untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.  GTK inspiratif selalu berbagi hasil karya dan cara pandang sehingga tercipta lingkungan yang menumbuhkan pengembangan ide dan pengetahuan untuk menghadirkan  pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

Sesuai Pedoman Apresiasi tahun 2023, Peserta program apresiasi GTK meliputi GTK di bawah binaan Kemendikbudristek, termasuk yang bertugas di Satuan Pendidikan Indonesia Luar Negeri (SPILN), yang terdiri atas:

1.     Guru

2.     Pendidik PAUD

3.     Kepala Sekolah

4.     Pengawas Sekolah

5.     Penilik

6.     Tenaga Administrasi Sekolah

7.     Tenaga Laboratorium Sekolah

8.     Tenaga Perpustakaan Sekolah 

9.     Kepala Satuan PAUD

10.  Pamong Belajar

11.  Guru Pembimbing Khusus

Masing-masing kategori apresiasi memiliki persyaratan dan harus memiliki akaun belajar.id aktif. Karena hasil karya baik video maupun naskah harus diunggah di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Vidio dan naskah yang dihasilkan merupakan praktik baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan alur atau format STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, dan Result/hasil dan refleksi) yang merupakan karya sendiri, kebaruan, kebermanfaatan, berbasis literasi digital, dan lainnya;

Berikut ini contoh praktik baik kategori pengawas sekolah dengan topic pendampingan dan pembinaan pembelajaran dengan judul “TATALEPA” sebagai referensi dal;am menyusun praktik baik:

1.   Pedoman Apresiasi GTK Kemdikbudristek 2023;

2.   Materi Praktik Baik;

3.   Contoh Naskah (TATALEPA);

4.   Contoh Vidio (TATALEPA): https://www.youtube.com/watch?v=rZWGR9D3mC4

5.   PPT Praktik Baik (TATALEPA);

Semoga bermanfaat…!





 

 

Related Posts

No comments:

Post a Comment