Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-11-26

Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2

| 2020-11-26

Aplikasie-Rapor bukanlah sesuatu hal yang baru bagi guru atau sekolah stingkat SMP, karena aplikasi ini telah diluncurkan dan digunakan oleh sekolah Sejak hampirtiga tahun silam,tepatnya pada November 2017melalui Direktorat Pembinaan SMPyangdalam perkembangannya telah dilakukan beberapa kali pembaruan, dan kini pada bulan November 2020, dirilis kembali Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2.


Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2 ini, telah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait Merdeka Belajar dan kondisi pandemi Covid-19. Aplikasi ini telah disesuaikan bagi sekolahbaik sekolah yang melaksanakan pembelajaran dan penilaian berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran pada Kurikulum 2013 secara utuh (sesuai Permendikbud RI Nomor: 37 Tahun 2018), berdasarkan KI dan KD Pelajaran pada Kurikulum 2013 untuk Kondisi Khusus (sesuai Kepmendikbud RI Nomor: 719/P/2020 dan Keputusan Kepala Balitbang dan Perbukuan Nomor: 018/H/KR/2020), dan berdasarkan penyederhanaan kurikulum secara mandiri oleh satuan pendidikan (sesuai Kepmendikbud RI Nomor: 719/P/2020).



e-Rapor merupakan sebuah media untuk menyampaikan laporan hasilcapaian peserta didik setelah mereka menyelesaikan belajarnya pada satu atau beberapa Kompetensi Dasar (KD), atau bahkan seluruh KD pada jenjang pendidikan tertentu.

Penilaian sendiri merupakan salah satu tugas pokok pendidik yang harus dijaga akuntabilitasnya. E-Rapor membantu dan mempermudah tugas pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan menganalisis hasil penilaian, mencetak rapor, serta melaporkan hasil penilaian peserta didik kepada orang tua/wali murid, hingga disinkronisasikan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Unduhan: 

  1. Aplikasi e-Rapor dapat diunduh di: http://ditsmp.kemdikbud.go.id/erapor/
  2. Panduan e-Rapor Versi 2.2
  3. Panduan Penilaian Oleh Pendidik



 

Related Posts

No comments:

Post a Comment