Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-09-16

Pengertian Pendekatan Pembelajaran

| 2020-09-16

 

pengertian pendekatan pembelajaran

Pendekata yaitu titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran yang merujuk kepada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatarbelakangi metode pembelajarn dengan cakupan teori tertentu.[1] Pendapat lain menyatakan tentang pendekatan pembelajaran, bahwa cara pandang terhadap obyek yang akan mewarnai seluruh jalannya proses pembelajaran.[2]

Menurut Iif Khoiru Ahmadi at.all, dilihat dari pendekatannya pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1)  pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa atau disebut student cenrered approach; dan (2) pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru atau teacher centered approach.[3]

Pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa merupakan pendekatan yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mempelajari materi secara terbuka terutama waktu keterlibatan dalam belajar, termasuk kesempatan dalam melakukan latihan atau praktik materi gerakan yang sedang dipelajarinya, artinya waktu pembelajaran lebih banyak dikuasai oleh siswa.  

Selain pendekatan pembelajaran salah satu penentu keberhasilan dalam mengajar adalah ketepatan guru dalam memilih metode mengajar yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik maupun tingkat kompleksitas materi yang akan disampaikan. Karena metode mengajar adalah cara untuk mempermudah peserta didik mencapai kompetensi tertentu.[4] Berbagai ahli mengemukakan pengertian tentang metode mengajar, namun pada intinya memiliki pengertian yang sama, yaitu bahwa metode merupakan sebuah cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran agar mampu diserap atau dipahami oleh peserta didik. Menurut Hendrayana metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran.[5] Metode pembelajaran dapat diartikan pula sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.[6] Menurut Senjaya metode adalah ‘‘a way in achieving something’’.[7] Menurut Roestiyah bahwa metode mengajar merupakan cara atau teknik penyajian pembelajaran.[8]

Berdasarkan beberapa pendapat diatas, yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran adalah cara pandang tentang jalannya kegiatan pembelajaran yang akan mewarnai jalannya kegiatan belajar, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatarbelakangi metode pembelajarn yang akan disajikan kepada siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.

 



[1] Ahmadi  at ll, Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011), h. 4

[2] Adang Segara, “Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bulutangkis Menggunakan Model Pengembangan Penalaran Melalui Permainan (MP3),” Jurnal Kependidikan Bidang Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2010), h.30.

[3] Iif Khoru Ahmadi, at.all, Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011). h.165.

[4] Iif Khoiru Ahmadi et al, Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP (Surabaya: Prestasi Pustaka, 2011),  h. 98

[5] Yudy Hendrayana, Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2005), h. 33.

[6] Ibid., h. 6.

[7] Ahmad Sudrajat,  Pendekatan-Strategi-Metode-teknik dan Model Pembelajaran. Tersdia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com. (diakses tanggal: 11 September 2011).

[8] Roestiyah,  Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Bina Aksara, 1989), h. 1.




Related Posts

No comments:

Post a Comment