Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-07-02

Pola Komunikasi dalam Pembelajaran

| 2020-07-02
Komunikasi dalam Belajar


Dalam proses pembelajaran, menurut Nana Sudjana sebagaimana yang dikutip oleh Nasirudin, Setiawan, dan Yani (2016), ada tiga pola komunikasi dalam proses interaksi guru dengan siswa, yaitu:

1)     Komunikasi sebagai Aksi (Komunikasi Satu Arah)

2)     Komunikasi sebagai Interaksi (Komunikasi Dua Arah)

3)     Komunikasi sebagai Transaksi (Komunikasi Banyak Arah)

Komunikasi yang baik akan mampu memberikan pesan yang jelas bagi penerima jika disampaikan dengan tepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Tetapi sebaliknya, jika pesan yang disampaikan tidak jelas yang disebabkan komunikasi yang kurang efektif, maka kemungkinan pesan tidak akan sampai sehingga apa yang menjadi tujuan tidak mungkin tercapai dengan baik. Bahkan lebih jauh dari itu, penyampaian pesan yang kurang  bisa berdampak pada penafsiran yang keliru atas pesan yang disampaikan, sehingga memungkinkan penafsiran ganda bahkan penafsitan yang keliru.

Ketiga pola komunikasi dalam pembelajaran tersebut di atas, masing masing memiliki kelebihan dan kelemahannya, bergantung kapan saat yang tepat untuk digunakan.

Penting untuk diperhatikan bagi pelaksana pembelajaran di sekolah untuk memperhatikan dan memanfaatkan seluruh sumberdaya yang dimiliki agar seluruh proses yang dijalankan mampu mengeksplor, memotivasi, memberikan ruang untuk perpartisipasi secara aktif peserta didik dalam setiap kegiatan pembelajaran, sehingga akan terbentuk masyarakat belajar (siswa pembelajar) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan, cerdas, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan serta potensinya masing-masing.


Related Posts

No comments:

Post a Comment