Mari Berbagi...dan Memberi....

2021-12-22

Lokakarya 8 Calon Guru Penggerak Angkatan 2

| 2021-12-22

 

Lokakrya 8 merupakan salah satu rangkaian perjalanan Program Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 2 yang mengusung tema “Rencana Kerja Calon Guru Penggerak”.

Tujuan dari Lokakarya 8 ini adalah:

  1. CGP mengetahui dan berbagi perkembangan Potensi Guru Penggerak
  2. CGP mampu memetik pelajaran (refleksi) dan merumuskan upaya perbaikan dari Kompetensi Guru Penggerak
  3. CGP mampu membuat rencana pengembangan diri setelah pelatihan (1 tahun)
  4. CGP mampu memiliki rencana pengembangan program sekolah yang berdampak pada murid (1 tahun)
  5. CGP memiliki strategi pelibatan warga sekolah dalam program yang berdampak pada murid.

Untuk mewujudkan capaian Loakakarya 8 tersebut diawali dengan penyusunan kesepakatan kelas antara seluruh Calon Guru Penggerak (CGP) dan Pengajar Praktik (PP) dan dirangkai dengan pelaksanaan agenda lokakarya, yaitu:

1.   Pengantar lokakarya (sambutan pembukaan, kesepakatan kelas, berbagi lokakarya 7);

2.   Mamahami posisi CGP (dimana Saya sekarang?);

3.   Ambil pelajaran dan lakukan perbaikan;

4.   Rencana pengembangan diri dan program yang berpihak kepada murid;

5.   Strategi pelibatan warga sekolah;

6.   Penutupan program dan tindak lanjut;

 

Setetalah kegiatan pembukaan yang berisi pembukaan, ice breaking, menyampaikan tujuan dan rangkaian gegiatan serta kesepakatan kelas, dilanjutkan dengan aktivitas sesuai panduan lokakarya yang dipandu oleh pendamping.

Hal yang paling penting dari Lokakarya 8 ini adalah bahwa Calon Guru Penggerak merupakan insan pembelajar yang terus mengembangakan diri menjadi sosok guru yang benar-benar memahami dan melayani pembelajaran dengan sajian yang bermutu.

Dalama Lokakarya 8 ini CGP mengevalusi diri atau memahami posisi diri di mana posisinya dia sekarang berdasarkan empat aspek kompetensi guru penggerak yang harus dikuasai, yaitu:

1.   Mengembangkan diri dan orang lain, yaitu terkait kompetensi untuk menunjukan praktik mengembangkan diri dengan kesadaran, mengembangkan kompetensi warga sekolah agar lebih berdampak pada murid, berpartisipasi aktif untuk pengembangan karir dan menunjukan kematangan serta berperilaku sesuai dengan kode etik pendidik.

 

2.   Memimpin Pelajaran, yaitu terkait kompetensi untuk membagun lingkungan belajar yang berpusat pada murid, memimpin perencanaan dan pelaksanaan yang berpusat pada murid, memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid serta melibatkan orang tua sebagai Pengajar Praktik dan sumber belajar murid.

 

3.   Memimpin Pengembangan Sekolah, yaitu terkait kompetensi untuk memimpin pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan relevan dengan komunitas sekolah serta melibatkan orang tua dan komunitas dalam pengembangan sekolah.

 

4.   Memimpin Manajemen Sekolah, yaitu terkait kompetensi untuk memimpin upaya mewujudkan visi sekolah menjadi budaya belajar yang berpihak pada murid dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid.

Berdasarkan hasil analisis tentang posisi diri, selanjutnya CGP Menyusun rencana pengembangan diri berdasarkan empat kompetensi yang dirasakan masih lemah dan perlu ditingkatkan dengan mencerminkan prinsip SMART.

1.   Specific (jelas) - Kegiatan atau aktivitas yang dilakukan perlu jelas “apa dan bagaimana hal tersebut dilakukan!” - Jika melibatkan banyak orang, maka penafsiran aktivitas sama bagi siapapun.

2.   Measurable (dapat diukur) - Semua yang terlibat paham bahwa tujuan telah tercapai atau tidak - Jelas kuantitas, kualitas, frekuensi, waktu, dan lainnya.

3.   Achievable (dapat dicapai) - Apakah realistis dilakukan? - Apakah orang-orang yang berkomitmen memiliki pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan untuk melaksanakan target yang dicapai?

4.   Relevant (tujuan untuk murid) - Apakah aktivitas atau kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan visi besar yang dirumuskan yakni sekolah yang berpihak kepada murid

5.   Time Oriented (target waktu) - Masing-masing pihak yang berkomitmen memiliki target waktu penyelesaian yang jelas.

 

------------------

ContohLK 8.1 Rencana Kerja Pengembangan Diri

ContohLK 8.2 Rencana Kerja Pengembangan Sekolah

-------------------

 

Semoga bermanfaat….! Jangan lupa berbagi….

 



Related Posts

No comments:

Post a Comment