Mari Berbagi...dan Memberi....

2021-09-10

Alur Belajar Pendidikan Guru Penggerak

| 2021-09-10

 

Pemerintah melalui Kemdikbud, Riset dan Teknologi merancang beberapa program unggulan dengan nama Program Merdeka Belajar.

Salah satu program unggualn tersebut adalah Program Pendidikan Guru Penggerak yang dirancang cukup panjang hingga sembilan bulan atau setara dengan 300 JP. Proses pendidikan guru penggerak dilakukan melalaui pembelajaran sinkron dan asinkron yang dilakukan bersama narasumber dan atau fasilitator melalui LMS, pendampingan dan lokakarya yang dilakukan bersama pendamping (pengajar praktik)  di sekolah masing-masing CGP, dan lokakarya secara daring atau luring di kabupaten/kota CGP.

Progam Pendidikan Guru Penggerak diharapkan dapat menciptakan guru yang menjadi transformer atau perubahan di setiap sekolah dan daerahnya.

Apa yang mereka lakukan selama sembilan bulan?

Sembilan bulan merupakan sebuah perjalanan diklat yang sangat panjang. Maka dari itu, pemilihan calon guru penggerak dilakukan dengan seleksi yang cukup ketat. Calon peserta tidak hanya harus memiliki kemampuan dan keinginan yang kuat, tetapi juga harus menguasai teknologi digital yang mumpuni.

Berikut adalah perjalanan belajar pendidikan Calon Guru Pengggerak (CGP) sesuai dengan alur MERRDEKA`

Alur MERRDEKA dalam proses pendidikan CGP ini terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:

M

ulai dari diri. Pada tahap ini, CGP melakukan refleksi dan mengidentifikasi harapan dan ekspektasinya tentang bagaimana menerapan seluruh konsep materi pembelajaran dalam setiap modul.

E

ksplorasi Konsep. Pada tahp ini CGP mengeksplorasi pengertian setiap materi pada setiapmodul berdasarkan pengetahuan CGP berikut teori-teori yang mendasari. Pada sesi ini juga CGP melakukan diskusi asinkronus tentang contoh - contoh atau praktek terbaik (best practices) yang pernah dilakukan/dialami.

R

uang Kolaborasi. Pada tahap ini CGP melakukan kerja kelompok untuk menganalisis kasus yang beragam dan memberikan solusi terkait dengan materi yang sesuai dalam modul.

R

efleksi Terbimbing. Tahap ini CGP dan fasilitator melakukan proses diskusi yang dilakukan langsung (sinkronous) secara virtual. CGP mengambil makna dari pengalaman selama proses pembelajaran sesuai dengan materi modul yang dipelajari, melakukan refleksi dalam berbagai cara dan media untuk mengidentifikasi apa yang menarik, apa yang mengejutkan, dan paradigma apa yang berubah.

D

emonstrasi Kontekstual. CGP mlakukan perencanaan dan melakukan mengevaluasi rencana implementasi dari setiapmateri dalam modul.

E

laborasi Pemahaman. Tahap ini CGP mengelaborasi pemahaman tentang materi yang dipelajari dengan melihat pada pertanyaan ini, (a) apa yang ingin diketahui lebih lanjut? (b) apa yang masih meresahkan dan membingungkan?

K

oneksi Antarmateri.  CGP membuat koneksi antarmateri yang telah dipelajari untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengimplementasikan materi yang dipelajari dalam setiap modul.

A

ksi Nyata. Tahap ini CGP menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari sesuai dengan konteks materi dalam modul untuk membuat rencana, mengimplementasikan dan melakukan refleksi dan kemudian mendokumentasikan proses tersebut dalam moda yang dapat dipilih sendiri.


Semoga bermanfaat….! Jangan lupa berbagi….




Related Posts

No comments:

Post a Comment