Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-07-03

Permainan Bola Basket

| 2020-07-03
Pengertian Permaninan Bola Basket


Permainan bola basket merupakan permainan bola yang dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri atas lima orang, cara memainkannya dengan tangan (digiring dan dilempar), kemudian berusaha memasukkan bola ke ring basket untuk mendapatkan nilai.[1] Menurut Tomoliyus, konsep bermain bola basket adalah menghasilkan skor dengan memasukan bola ke keranjang dan mencegah tim lain melakukan hal serupa.[2] Dalam kurikulum pendidikan menengah pertama, permainan bola basket termasuk ke dalam jenis aktivitas permainan bola besar yang tertuang dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan dan harus disampaikan di sekolah.

Sebagai media pendidikan, pembelajaran bola basket bagi anak harus diupayakan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan sebagai individu yang utuh. Jadi pembelajaran tidak hanya terpaku kepada pencapaian tujuan meningkatkan ketrampilan bola basket semata, melainkan melalui kecerdasan dan ketrampilan guru dalam mengintervensi pembelajaran, dan nuansa pendidikan sangat penting diwujudkan dalam setiap langkah pembelajaran, yang harus menjadi fokus pembelajaran adalah bagaimana anak belajar, bukan ketrampilan apa yang harus dipelajari anak.[3]

Oleh sebab itu, dalam merancang pembelajaran khususnya pembelajaran bola basket, harus mempertimbangkan beberapa hal yang diantaranya adalah karakteristik anak, tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pendekatan maupun metode pembelajaran yang relevan dengan tujuan dan karakteristik anak yang sedang belajar. Siswa sebagai individu yang mempunyai karakteristik yang berbeda harus mendapat sorotan yang utama baik didalam  kegiatan klasikal, kelompok atau individual, proses dan kegiatan belajarnya tidak dapat dilepaskan dari karakteristik, kemampuan dan prilaku individualnya. Dalam proses pendidikan, bukan hanya siswa yang terikat dengan karakteristik, kemampuan dan prilaku individual tersebut, tetapi juga guru serta para petugas pendidikan lainnya.

Permainan bola basket adalah permainan beregu, oleh karena itu kemampuan penguasaan teknik pemainan dan kerjasama regu merupakan salah satu kunci sukses untuk meraih kemenangan, selain itu menuntut setiap pemain untuk bergerak secara aktif dan kreatif, mencari setiap celah dari kelemahan lawan agar bisa menerobos pertahanan dan berusaha membuat angka.

Menurut novak, dan Calhoun, seperti yang dikutip oleh Hudaya, bahwa permaian bola basket ibarat musik jazz yang penuh unsur improvisasi. Ada unsur kebebasan berbuat, eksplosif, penuh alunan irama cepat atau lambat yang dinamis dan menggetarkan, menonjol pula sifat-sifat individualistik, namun dalam pelaksanaannya membutuhkan kerjasama dengan semangat persatuan yang utuh. Selain itu, permainan bola basket juga menuntut pemainnya untuk berlari cepat, berhenti dengan tiba-tiba, melempar, menangkap, melompat dan mendarat dalam posisi keseimbangan tubuh yang baik.[4]

Dari beberapa pendapat di atas yang dimaksud permainan bola basket merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu terdiri dari lima orang, bola dimainkan oleh tangan dengan cara dilempar, dioper atau digelidingkan sesuai dengan peraturan menuju daerah pertahanan lawan untuk memasukan bola ke ring basket lawan sebanyak-banyaknya, serta mencegah regu lawan untuk mencetak angka.

Dalam mengajarkan keterampilan bola basket bagi peserta didik, guru perlu menerapkan berbagai pendekatan dan metode dalam pembelajaran. Guru dapat memilih salah satu dari berbagai metode yang ada. Dalam konteks ini, guru dapat menggunakan pendekatan kreatif yang menekankan pada pembelajaran melalui berbagai bentuk latihan dan permainan untuk memberikan pengalaman gerak secara terbuka kepada peserta didik.

a)    Teknik Permainan Bola Basket

Menurut Wahyuni dan kawan-kawan, bahwa untuk menjadi pemain bola basket yang baik, perlu menguasai beberapa persyaratan dasar permainan yang meliputi teknik, taktik, strategi, kelincahan, keterampilan, ketangkasan gerak tipu, kemahiran gerak olah kaki dan tangan, keseimbangan, kecepatan, keuletan, kekuatan, ketahanan, serta dapat mengevaluasi permainannya, baik dalam menyerang maupun bertahan. Beberapa teknik dasar yang harus dikuasai adalah sebagai berikut; (1) melempar dan menangkap bola, (2) menggiring, dan (3) menembak.[5]

b)   Pasing Dada atau Chest Pass

Passing berarti mengoper bola. Operan merupakan teknik dasar pertama. Dengan operan pemain dapat melakukan gerakan mendekati ring basket untuk kemudian melakukan tembakan. Operan dapat dilakukan dengan cepat dank eras, dan dapat dilakukan dengan lunak bergantung dari situasi, yaitu kedudukan teman, situasi teman, waktu, dan taktik yang digunakan. Mengoper bola dengan dua tangan setinggi dada di depan dada merupakan operan yang sering dilakukan dalam permainan bola basket. Operan ini berguna untuk jarak pendek. Operan bola dengan cara ini akan menghasilkan kecepatan, ketepatan, dan kecermatan dengan jarak lemparan antara 5 sampai 7 meter.[6]

Teknik pasing atau passing dibedakan menjadi dua macam, yaitu pasing satu tangan dan pasing dua tangan. Pasing yang dapat dilakukan dengan dua tangan diantaranya adalah pasing setinggi dada atau chest pass yang merupakan  salah satu jenis pasing yang dilakukan oleh dua tangan dari depan dada, pasing ini banyak digunakan untuk pasing-pasing jarak pendek.[7]  Oleh karana itu, maka tak mengherankan apabila siswa di sekolah senantiasa diajarkan teknik dasar operan (passing) dari berbagai posisi dan situasi.

Teknik pasing setinggi dada atau chest pass dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) sikap permulaan, berdiri tegak dengan kedua kaki sedikit terbuka, kedua lutut ditekuk, badan sedikit condong ke depan; kedua tangan memegang boa di depan dada dengan kedua siku agak ditekuk; jari-jari tangan terbuka menutupi sebagaian dari bola dengan kedua ibu jari berada di atas membentuk huruf V; pandangan kearah sasaran yang dituju; (2) pelaksanaan gerakan, bersamaan dengan salah satu kaki melangkah ke depan kedua tangan mendorong bola sekuat-kuatnya lurus  ke depan setinggi dada; (3) gerak lanjut, gerakan dilanjutkan dengan memindahkan berat badan ke depan dan kembali ke sikap semula.[8]

Gambar 2.1: Teknik gerakan operan dada

Sumber: Drs. Budi M; Pendidikan Jasmani, (Bandung:  Armico, 1990), h.47.

 

 

Gerakan melampar dan menangkap bola dalam teknik chest pass sepintas merupakan gerakan yang sederhana, namun jika dilihat dari implementasinya di lapangan, untuk menghasilkan teknik chest pass yang baik membutuhkan kecermatan dan kejelian serta ketepatan atau akurasi dari gerakan melempar dan menangkap tersebut, hal yang lebih menyulitkan lagi adalah bahwa aktivitas tersebut dilakukan dalam situasi permainan sebenarnya yang senantiasa mendapat ganggguan dan tekanan dari lawan.

Maka untuk dapat menguasai tekik dasar permainan bola basket khususnya teknik pasing setingggi dada atau chest pass, dibutuhkan waktu dan kerja keras seorang pemain, hal ini tidak lain adalah agar mendapatkan teknik dasar yang benar dan dapat digunakan dalam berbagai macam situasi dan kondisi termasuk dalam permainan sesungguhnya.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pasing setingggi dada atau chest pass adalah salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket yang dilakukan oleh dua tangan dari depan dada untuk memberikan pasing kepada teman seregu pada jarak dekat yang dilakukan dengan cepat dan tepat.



[1] Sri Wahyuni, Sutarmin, dan Pramono, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Jakarta: Pusat Perbukuan Kemendiknas, 2010), h. 10.

[2] Tomoliyus, Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Basket, (Jakarta: Depdiknas, 2001), h. 11.

[3] Departemen Pendidikan Nasional, Pembelajaran Aspek Permainan dan Olahraga Bola Voli Sekolah Menengah Atas. (Jakarta: Depdiknas, 2005), h. 26.

 

 

[4] Danu Hudaya, Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Bola Basket (Jakarta: Dirjen Dikdas, Depdiknas, 2001), hh. 8-9.

[5] Sri Wahyuni, Sutarmin, dan Pramono, op.cit, hh.11-15.

[6] Nuril Ahmadi, Permainan Bola Basket (Solo: Era Intermedia, 2007),h.13

[7] Arifin at al, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SLTP Kelas 1 (Jakarta:Aries Lima, 1994), hh. 141-

[8] Tim MGMP dan Pengembang Kurikulum Penjasorkes SMP DKI Jakarta (Jakarta: Tunas Melati, 2006), hh. 41-42.


Related Posts

2 comments:

  1. Kami PT. Perkasa Multindo Sejahtera menjual blower centrifugal fan atau blower keong yang biasanya digunakan untuk kebutuhan industri yang berfungsi untuk menghisap atau membuang udara panas pada suatu ruangan dan mendinginkan mesin-mesin produksi. Untuk harga tergantung spesifikasi blower yang anda butuhkan. Selain itu, kami menjual blower axial fan, blower exhaust fan, blower portable ventilator, dust collector, electric motor, ducting, dll. Kami menerima pesanan di area jabodetabek dan luar jabodetabek.

    http://www.jualblowerindonesia.com/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://twitter.com/BlowerLina

    Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi :
    Telp/WA : 081112520820 / 081996000567 ( Lina )
    Office : Ruko Cendana Raya No.15A Bencongan Indah Karawaci Tangerang


    |JUAL BLOWER | JUAL BLOWER MURAH | JUAL BLOWER CENTRIFUGAL | JUAL BLOWER KEONG | JUAL CENTRIFUGAL BLOWER DI SURABAYA | JUAL CENTRIFUGAL BLOWER | JUAL CENTRIFUGAL BLOWER JAKARTA | HARGA BLOWER CENTRIFUGAL | HARGA BLOWER CENTRIFUGAL CKE | JUAL BLOWER FAN | JUAL BLOWER KECIL | JUAL BLOWER CENTRIFUGAL MINI | JUAL BLOWER KEONG MINI | JUAL BLOWER KEONG | HARGA BLOWER KEONG | JUAL BLOWER KEONG JAKARTA | JUAL BLOWER KEONG TANGERANG | JUAL BLOWER KEONG BEKASI | JUAlBLOWER KEONG BOGOR | JUAL BLOWER KEONG SURABAYA| JUAL BLOWER KARAWANG | JUAL BLOWER KEONG MEDAN | JUAL BLOWER KEONG SEMARANG | JUAL BLOWER KEONG MALANG | JUAL BLOWER KEONG BANDUNG | JUAL BLOWER KEONGJUAL BLOWER KEONG DEPOK |

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Pak, dan terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat

      Delete