Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-07-18

Gerakan Olimpiade

| 2020-07-18
Olimpiade Tokyo 2021


Demikian dahsyatnya manfaat aktivitas jasmani (olahraga), bahkan sebesar organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pernah menggelar konferensi Internasional tentang olahraga dan pembangunan


1.    Sport and physical activity improve people’s physical and mental health at a law cost, and are essential for development.

2.    Making physical education and sport a part of the schooling system helps young people perform better, and improves their quality of life.

3.    Play and recreation can help to heal emotion scar, and overcome traumas for people in situation of conflict, crisis or social tension.

4.    Local sport is the ideal place for bringing people from all walks of life together, and helps to built societies.

5.    Sport can help to overcome barriers of race, religion, gender, disability, and social background.

6.    Sport is effective when practiced free of drugs or doping, in a fair way, with respect, and including everyone.

7.    By commiting to ethical practices, the sport good industry adds value to its products, and helps to built society in a positive way.

8.    Partnership between the sport world, media, and development workes will boost understanding of the contribution sport can make to sustainable development.

Deklarasi Magglingen di atas memiliki makna sangat dalam, karena aktivitas fisik dan olahraga tidak hanya mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental yang menjadi esensi pembangunan. Lebih dari itu, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, menghilangkan gangguan mental, terutama pada daerah yang dilanda konflik, krisis atau ketegangan sosial. Bahkan aktivitas yang berbasis olahraga lokal merupakan sarana yang ideal untuk membangun komunitas yang baik agar dapat hidup bersama secara damai, olahraga juga dapat membantu mengatasi berbagai hambatan yang terkait dengan ras, agama, gender, kelainan fisik, dan perbedaan latar belakang sosial. Olahraga sangat praktis untuk terbebas dari kebiasaan minum minuman beralkohol, atau doping, agar hidup lebih baik dan lebih toleran terhadap semua orang. Melalui kerja panitia etik, olahraga juga sangat baik untuk menghadirkan produk yang berstandar, dan membantu dalam membangun kehidupan sosial yang positif. Bahkan, kerjasama antara organisasi-organisasi olahraga di dunia, media, dan pelaksana pembangunan memahami akan pentingnya peran olahraga dalam menunjang pembangunan.

Melalui semangt dan nilai-nilai yang terkadung dalam olahraga dapat dijadikan sebagai sara untuk mempersatukan bangsa-bangsa di dunia. Hal ini sejalan dengan semangat

Sebagai mana yang telah dipaparkan di atas, sangat jelas bahwa dampak yang ditimbulkan dari aktifitas fisik (gerak) sangat membantu dalam tatanan kehidupan baik secara individu maupun secara menyeluruh sebagai anggota dan bagian dari kehidupan sosial masyarakat dunia. Artinya, penurunan aktivitas fisik (gerak) yang terjadi secara masif terstruktur dan menyeluruh dikhawatirkan akan menyebabkan degredasi tatanan kehidupan dunia, antara lain: (1) menurunnya kualitas fisik yang akan berdampak pada menurunnya prestasi kerja, menurunnya daya tahan atau kekebalan tubuh terhadap penyakit. Jika ini terjadi tentu secara perlahan akan mengikis juga tatanan kehidupan lainnya, seperti menurunnya kehidupan sosial ekonomi, degredasi moral, dan kemiskinan yang disebabkan karena kurangnya gairah kerja (prestasi kerja); (2) terjadi degredasi moral yang akan mengakibatkan terganggunya pembangunan kualitas sumber daya manusia, karena internalisasi dari nilai-nilai olahraga sebagai refresentasi dari gerakan

Oleh karena itulah sangat penting bagi semua orang untuk tetap selalu konsisten terhadap prilaku hidup sehat dan aktif melalui aktivitas fisik yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup dalam rangka mewujudkan ketaatan sebagai sarana ibadah sebagai mahluk yang memiliki kesempurnaan ilmu dan akal yang telah dianugrahkan oleh Allah kepada seluruh umat di dunia.


Related Posts

No comments:

Post a Comment