Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-07-02

BANGGA DALAM BINGKAI BUDAYA DAN TRADISI

| 2020-07-02
Olahraga Tradisional


Oleh: A. Yani

 

Berakhir sudah pestapora rakyat Pandeglang dalam mengisi dan memperingati lahirnya kota Sejuta Santri yang ke 145 (1 April 1874 – 1 April 2019).

Peringatan hari jadi Kabupaten Pandeglang kali ini bertema “Pandeglang Bangkit – Selat Sunda Aman”. Pemilihan tema ini sangat beralasan, karena Pandeglang barusaja bangkit dari trauma bencana tsunami Selat Sunda yang menerjang pesisir utara Banten termasuk Pandeglang pada akhir tahun 2018.

Peringatan HUT Pandeglang ke 145 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan salah satu diantaranya adalah kegiatan unik namun penuh makna dan nilai-nilai luhur, yaitu “Festival Kaulinan Budak”. Sasaran Festival ini adalah siswa SMP se Kabupaten pandeglang dengan jumlah lebih dari 611 peserta yang menyuguhkan perlombaan beberapa jenis permainan tradisional yang merupakan warisan budaya leluhur, diantaranya: Permainan Gasing, Engkle, Gatrik, Bakiak, dan Egrang.

Tak Sekadar Seremonial

Saat ini, anak-anak muda di tanah air, termasuk di Pandeglang banyak yang tak lagi mengenal apa lagi bisa memainkan permainan tradisional karena tergerus derasnya perkembangan teknologi modern jenis games yang terdapat pada android dan lain-lain.

Penyelenggaraan Festival Kaulinan Budak tidak hanya sebagai sarana mengenang lahirnya Kabupaten Pandeglang, melainkan memiliki makna yang jauh lebih penting, yaitu mengenalkan dan melestarikan jenis permainan tradisional yang merupakan hasil budi, daya dan kreativitas nenek moyang yang kental dengan nilai-nilai karakter positif. Disadari atau tidak diundangkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) membawa dampak terhadap kewajiban pemerintah daerah dalam mengembangkan kegiatan keolahragaan yang satu diantaranya adalah olahraga rekreasi yang tiada lain adalah olahraga tradisional yang kini terpinggirkan dan tak lagi banyak dikenal anak-anak muda.

Menggali, mengembangkan, dan memajukan olahraga rekreasi olahraga rekreasi (tradisional) ini menjadi salah satu kewajiban pemerintah daerah.

piagam penghargaan juara olahraga tradisioal

Olahraga Rekreasi adalah olahraga yang dilakukan di masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai-nilai budaya masyarakat setempat untuk kesehatan, kebugaran, dan kesenangan.



 

 


Related Posts

No comments:

Post a Comment