Tidak mudah untuk dapat lolos sebagai peserta calon pendiudikan gurupenggerak. Kunci utama tentu saja adalah keinginan dan niat yang kuat untuk berubah ke arah lebih baik dalam meningkatkan kompetensi diri.
Selain itu ada siklusnya yang harus ditempuh oleh peserta/pendaftar,
kesulitan utama biasanya ditemukan pada saat mengisi essay karena dibatasi
jumlah karakter.
Seleksi Tahap I
· Pengisian CV;
· Mengunggah berkas/dokumen persyaratan (izin atasa, dll);
· Mengisi essay;
Seleksi Tahap 2
· Simulasi mengajar;
· Wawancara;
Berikut adalah
beberapa trik dan atau tips agar lulus dalam menghikuti seleksi Calon Guru
Penggerak.
Perhatikan saat penulisan
essay:
Pertama. Usahakan setiap jawab yang ditulis sesuai pertanyaan
dengan menunjukkan contoh nyata yang pernah dilakukan atau dialami sendiri
dalam 2-3 tahun terakhir, bukan cerita wacana atau teori dan atau pengalaman orang
lain.
Kedua. Ceritakan contoh situasi/keadaan saat itu yang di
alami, ceritakan tindakan spesifik yang dilakukan, serta hasilnya bagai mana.
Ketiga. Jika ada banyak pilihan contoh yang akan ditulis
sebagai jawaban, maka pilihlah contoh yang hasilnya paling berdampak positif
bagi pembelajaran siswa.
Keempat. Hindari jawaban yang diambil dari website atau
jawaban orang lain karena akan terkena diskualifikasi plagiarisme
(jangan copy paste jawaban/kalimat dari website)
Kelima. Hindari deskripsi atau tulisan yang mengarah kepada jawaban
yang berisi menyalahkan orang/pihak lain.
Keenam. Usahakan membuat jawaban essay di file word
atau google doc, cek jumlah karakter,
kemudian copy paste kedalam simpkb.
Bahkan kita terkadang sulit menuangkan
ide/gagasan/pengalaman ke dalam tulisan, disarankan gunakan google doc
dengan cara ucapkan cerita pengalaman Anda di depan laptop sehingga google doc
menuliskan semua yang Anda ucapkan. Lihat caranya di sini: https://youtu.be/Ouo4gTJ_n9o
Saat Simulasi
Mengajar
1. Uji coba g-meet (menggunakan email resmi sesuai data
anda) bersama rekan sejawat, cek audio dan video berungsi dengan normal. Uji
coba juga jika anda menggunakan perangkan audio/camera eksternal.
2. Siapkan akses internet yang stabil, dan akses cadangan
dari provider yang berbeda.
3. Lakukan juga uji coba SM dengan durasi 10 menit.
4. Saat simulasi perhatikan:
a. Lakukan appersepsi, sampaikan tujuan pembelajaran, dan
pertanyaan terbuka sebagai pemantik pembelajaran
b. Lakukan interaksi dengan siswa, berikan apresiasi,
bahasa yang sesuai, semangat dan antusias dalam SM
c. Gunakan berbagai media yang memicu siswa berpikir
terbuka/kritis (picu dengan pertanyaan terbuka)
d. Berikan kesempatan siswa memimpin diskusi (diskusi
klp-presentasi/pajang karya-window shoping)
5. Jawab pertanyaan dengan jelas, dan rinci:
a. Identiifkasi kelebihan dan kelemahan SM secara riil
yang terjadi saat SM. Kelebihan dan kelamahan internal yang dialami anda
sendiri. Jangan kelebihan/kelemahan eksternal seperti masalah waktu, media,
siswa, dan sejenisnya.
b. Pikirkan cara perbaikan pembelajaran yang berbeda dari
SM dan tujuan perbaikan tersebut terhadap peningkatan proses pembelajaran dan
dampaknya bagi siswa, serta dampak bagi pengembangan kompetensi peserta sendiri.
c. Pahami cara penilaian yang dilakukan sesuai topik SM,
cara melakukan penilaiannya serta manfaat penilaian tersebut bagi siswa dan
bagi guru.
Saat Wawancara:
1. Tujuan wawancara adalah menggali pengalaman peserta
sesuai dengan 8 kompetensi yang dipersyaratkan (pengambilan keputusan,
inisiatif, kerjasama, pembimbingan, pembelajar sepanjang hayat, ketangguhan,
etika profesi, misi dan tujuan hidup)
2. Umumnya pertanyan mengarah pada jawaban essay yang
telah ditulis.
3. Pertanyaan wawancara akan berkembang sesuai dengan
jawaban peserta.
4. Jawab dengan jujur, jangan mengada-ada.
5. Jawab sesuai pertanyaan dengan menunjukkan contoh
nyata yang pernah dilakukan/dialami dalam 2-3 tahun terakhir, bukan cerita
wacana atau teori.
6. Secara umum ceritakan contoh Situasi/keadaan saat itu,
tindakan spesifik yang dilakukan, serta hasilnya
7. Jika ada banyak pilihan contoh pengalaman sebagai
jawaban, maka pilihlah contoh praktik terbaik yang hasilnya paling berdampak
positif bagi pembelajaran siswa.
8. Jangan memberikan jawaban yang berisi menyalahkan
orang/pihak lain, tetapi anda mungkin akan diminta menceritakan kejadian di
luar prosedur/aturan dan sikap anda terhadap kejadian tersebut.
Selamat mencoba dan semoga sukses.
Panduan Pengelolaan SIM PKBGuru
Semoga bermanfaat….! Jangan lupa berbagi….
Terima kasih
ReplyDeleteSama Pak Aat, semoga bermanfaat, aamiin
Delete