Mari Berbagi...dan Memberi....

2022-03-21

Tips / Kiat Agar Lulus Seleksi Calon Guru Penggerak

| 2022-03-21

Tidak mudah untuk dapat lolos sebagai peserta calon pendiudikan gurupenggerak. Kunci utama tentu saja adalah keinginan dan niat yang kuat untuk berubah ke arah lebih baik dalam meningkatkan kompetensi diri.

Selain itu ada siklusnya yang harus ditempuh oleh peserta/pendaftar, kesulitan utama biasanya ditemukan pada saat mengisi essay karena dibatasi jumlah karakter.

Seleksi Tahap I

·       Pengisian CV;

·       Mengunggah berkas/dokumen persyaratan (izin atasa, dll);

·       Mengisi essay;

Seleksi Tahap 2

·       Simulasi mengajar;

·       Wawancara;

Berikut adalah beberapa trik dan atau tips agar lulus dalam menghikuti seleksi Calon Guru Penggerak.

Perhatikan saat penulisan essay:

Pertama. Usahakan setiap jawab yang ditulis sesuai pertanyaan dengan menunjukkan contoh nyata yang pernah dilakukan atau dialami sendiri dalam 2-3 tahun terakhir, bukan cerita wacana atau teori dan atau pengalaman orang lain.

Kedua. Ceritakan contoh situasi/keadaan saat itu yang di alami, ceritakan tindakan spesifik yang dilakukan, serta hasilnya bagai mana.

Ketiga. Jika ada banyak pilihan contoh yang akan ditulis sebagai jawaban, maka pilihlah contoh yang hasilnya paling berdampak positif bagi pembelajaran siswa.

Keempat. Hindari jawaban yang diambil dari website atau jawaban orang lain karena akan terkena diskualifikasi plagiarisme (jangan copy paste jawaban/kalimat dari website)

Kelima. Hindari deskripsi atau tulisan yang mengarah kepada jawaban yang berisi menyalahkan orang/pihak lain.

Keenam. Usahakan membuat jawaban essay di file word atau google doc, cek jumlah karakter,  kemudian copy paste kedalam simpkb.

Bahkan kita terkadang sulit menuangkan ide/gagasan/pengalaman ke dalam tulisan, disarankan gunakan google doc dengan cara ucapkan cerita pengalaman Anda di depan laptop sehingga google doc menuliskan semua yang Anda ucapkan. Lihat caranya di sini: https://youtu.be/Ouo4gTJ_n9o

 

Saat Simulasi Mengajar

1.   Uji coba g-meet (menggunakan email resmi sesuai data anda) bersama rekan sejawat, cek audio dan video berungsi dengan normal. Uji coba juga jika anda menggunakan perangkan audio/camera eksternal.

2.   Siapkan akses internet yang stabil, dan akses cadangan dari provider yang berbeda.

3.   Lakukan juga uji coba SM dengan durasi 10 menit.

4.   Saat simulasi perhatikan:

a.   Lakukan appersepsi, sampaikan tujuan pembelajaran, dan pertanyaan terbuka sebagai pemantik pembelajaran

b.   Lakukan interaksi dengan siswa, berikan apresiasi, bahasa yang sesuai, semangat dan antusias dalam SM

c.    Gunakan berbagai media yang memicu siswa berpikir terbuka/kritis (picu dengan pertanyaan terbuka)

d.   Berikan kesempatan siswa memimpin diskusi (diskusi klp-presentasi/pajang karya-window shoping)

5.   Jawab pertanyaan dengan jelas, dan rinci:

a.   Identiifkasi kelebihan dan kelemahan SM secara riil yang terjadi saat SM. Kelebihan dan kelamahan internal yang dialami anda sendiri. Jangan kelebihan/kelemahan eksternal seperti masalah waktu, media, siswa, dan sejenisnya.

b.   Pikirkan cara perbaikan pembelajaran yang berbeda dari SM dan tujuan perbaikan tersebut terhadap peningkatan proses pembelajaran dan dampaknya bagi siswa, serta dampak bagi pengembangan kompetensi peserta sendiri.

c.    Pahami cara penilaian yang dilakukan sesuai topik SM, cara melakukan penilaiannya serta manfaat penilaian tersebut bagi siswa dan bagi guru.

 

Saat Wawancara:

1.   Tujuan wawancara adalah menggali pengalaman peserta sesuai dengan 8 kompetensi yang dipersyaratkan (pengambilan keputusan, inisiatif, kerjasama, pembimbingan, pembelajar sepanjang hayat, ketangguhan, etika profesi, misi dan tujuan hidup) 

2.   Umumnya pertanyan mengarah pada jawaban essay yang telah ditulis.

3.   Pertanyaan wawancara akan berkembang sesuai dengan jawaban peserta.

4.   Jawab dengan jujur, jangan mengada-ada.

5.   Jawab sesuai pertanyaan dengan menunjukkan contoh nyata yang pernah dilakukan/dialami dalam 2-3 tahun terakhir, bukan cerita wacana atau teori.

6.   Secara umum ceritakan contoh Situasi/keadaan saat itu, tindakan spesifik yang dilakukan, serta hasilnya

7.   Jika ada banyak pilihan contoh pengalaman sebagai jawaban, maka pilihlah contoh praktik terbaik yang hasilnya paling berdampak positif bagi pembelajaran siswa.

8.   Jangan memberikan jawaban yang berisi menyalahkan orang/pihak lain, tetapi anda mungkin akan diminta menceritakan kejadian di luar prosedur/aturan dan sikap anda terhadap kejadian tersebut.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

 

Panduan Pengelolaan SIM PKBGuru

Apa itu Guru Penggerak?


Semoga bermanfaat….! Jangan lupa berbagi….

 

 

 

 

Related Posts

2 comments: