Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-08-26

Tetap Bugar Saat Pandemi

| 2020-08-26

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) is a respiratory illness that can spread from person to person. The virus that causes COVID-19 is a novel coronavirus that was first identified during an investigation into an outbreak in Wuhan, China.(www.cdc.gov/ COVID19)

Kasus Coronavirus Desease -19 (Covid-19) belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan walaupun tidak sebanyak awal mewabah. Kasus yang terkontaminasi positif di beberapa daerah masih saja terjadi.

Salah satu benteng agar terhindar dari terinfeksi Corona Virus Desease -19 (Covid-19) adalah dengan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Imunitas atau kekebalah tubuh adalah kemampuan tubuh untuk melawan segala macam mikroorganisme asing seperti virus, bakteri, dan mikroba atau zat asing lainnya yang dapat merusak sel, jaringan, dan organ tubuh (Yuliarto, 2008).

Banyak ragam untuk meningkatkan imunitas tubuh, antara lain melalui aktivitas di bawah ini:


1.   Menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

a)    Selalu menggunakan air bersih;

b)   Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir;

c)    Menggunakan jamban sehat;

d)   Memberantas sumber penyakit lainnya;

e)    Tidak merokok;

 

2.   Konsumsi makanan bergizi dan mengandung vitamin serta mineral.

Mengkonsumsi makanan bergizi yang banyak mengandung Vitamin C dan Vitamin E dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit termasuk Covid-19. Lebih utama mengkonsumsi makanan langsung dari sumber makanan (vitamin) itu sendiri bukan dari suplemen tambahan, namun jika diperlukan suplemen sangat mambantu.

 

3. Tetap melakukan aktivitas jasmani atau olahraga secara teratur dan terukur.

Jenis olahraga apa yang dianjurkan saat pandemi?

Pada dasarnya semua olahraga bisa dilakukan, namun harus mempertimbangkan banyak hal, terutama protocol kesehatan. Alangkah baiknya jika memilih dan melakukan olahraga yang tidak melibatkan banyak orang, fasilitas dan ruangan yang banyak.

Latihan olahraga ringan seperti lari-lari kecil (jogging), treadmill, dan sejenisnya berguna untuk mempertahankan kerja jantung dan paru, latihan kelenturan dan kekuatan otot berguna untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas kerja otot.

Semua latihan jasmani tersebut harus dilakukan secara teratur dan terukur sesuai dengan usia, serta sesuai anjuran dokter atau ahli.

Berikut adalah contoh program latihan sederhana (ringan) yang dapat dilakukan di rumah saat pandemic dengan tujuan mempertahankan kualitas kebugaran:

1. Lakukan pemanasan secukupnya (upayakan mendukung kegiatan inti latihan);

2.  Latihan lari-lari kecil (jogging) atau treadmill, senam aerobic, atau yang sejenisnya selama kira-kira 3o menit.

3.   Ukurlah denyutnadi latihan dan disarankan berkisar antara 70 – 85% dari Denyut Nadi Maksimal (DNM). (DNM = 220 – usia).

4.   Lakukan penenangan atau cooling down.

 

4.   Menjaga waktu istirahat yang cukup.

Agar kondisi tuuh tetap sehat dan bugar, maka waktu istirahat (tidur) pun harus diatur secara seimbang. Karena sesungguhnya istirahat itu memberikan kesempatan kepada organ-organ tubuh agar terjadi relaksasi setelah sekian jam bekerja, sehingga akan terasa nyaman atau fit saat akan dipergunakan atau beraktivitas.

Waktu istirahat bagi setiap orang berbeda, namun secara umum bagi orang dewasa kurang lebih 6 - 7 jam per hari, sementara anak-anak 8 – 10 jam per hari.


 



Related Posts

No comments:

Post a Comment