Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-08-16

Inovasi Berbuah Prestasi

| 2020-08-16

G A M P I L - Oleh: YULIANTI, S.ST 
(Puskesms Cipeucang Pandeglang-Banten) 

GAMPIL, adalah Gerakan Bersama Peduli Ibu Hamil merupakan sebuah inovasi Pelayanan Bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) UPT Puskesma Cipeucang Pandeglang.

Sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang berada di garis depan, Unit Pelayanan Teknis Pusat Kesehtan Masyarakat (UPT PKM) Cipeucang terus berupaya berinovasi agar mampu memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat khususnya Ibu hamil dan Ibu Nifas yang berada di wilayah Kecamatan Cipeucang.

Program Gampil merupakan salah satu bentuk keberhasilan inovasi KIA UPT Puskesmas Cipeucang dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang terkait dengan Kesehatan Ibu ibu dan anak. Efektivitas Program Gampil telah terbukti dan dapat dirasakan langsung oleh masayarakat (ibu hamil dan anak) di lingkungan Kecamatan Cipeucang.

Bukti lainnya adalah Program Gampil telah dikutsertakan dalam Lomba Inovasi P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi)  tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2019 yang dengan kekunggulan dan efektivitas programnya berhasil menjadi yang terbaik (Juara 1) menyingkirkan 35 UPT Puskesmas lainnya.

 

 

Bagaimana Keunggulan dan Cara Kerja GAMPIL?

Berikut cuplikan deskripsi perjalanan GAMPIL.

Aslm.wr.wb..

Salam sehat buat kita semua..

Selamat datang dan selamat bergabung kami ucapkan untuk anggota baru (ibu2 dari koncang) di grup "GAMPIL"..

Ijinkan kami dri pkm cipeucang sdkit memberikan informasi untuk semuanya terutama kepada ibu2 yg baru masuk sbg anggota baru di grup gampil...

Gampil kepanjangan dri Gerakan Bersama peduli ibu hamil..Satu gerakan yg berbasis aplikasi whatsup  untuk lebih memperhatikan ibu2 hamil yg berada di kecamatan cipeucang,,tujuan di bentuk grup ini adalah sebagai salah satu cara/usaha dari kita semuanya untuk bisa menekan aki dan akb..

Anggota di grup ini terdiri dari Kades,bidan pembina desa,praktek bidan mandiri,kader,petugas pkm cipeucang dan ibu2 hamil...

Selain sbg ajang silaturahmi Di grup ini nanti ada informasi pengingat yg di sampaikan oleh ptgs pkm cipeucang  untuk ibu2 hamil kapan harus kontrol kehamilan/masa nifas,dan grup ini jg bisa bapak/ibu pergunakan sbg penyampaian informasi dari bapak ibu semuanya ketika ada hal2 yg sifatnya emergency untuk segera kami tindak lanjuti..

Kami ucapkan terimkasih atas perhatiannya...

Salam sehat buat bapak ibu beserta keluarga semuanya...

Wslm..wr.wb...

------------------

Assalamualaikum.. bagaimana kabarnya ibu ..hari ini ..semoga sehat selalu,sudahkah bidan..mengunjungi ibu & bayinya.., kunjungan setelah persalinan ( 4hr sampai 28 hr ) semoga ibu telah mendapatkan pelayanan ini dari bidan ..., Terimakasih ibu kami tunggu info nya 🙏🏻🙏🏻 dari ( tim GAMPIL PUSKESMAS CIPEUCANG)

------------------

Assalamualaikum.. bagaimana kabarnya ibu ..hari ini ..semoga sehat selalu,sudahkah bidan..mengunjungi ibu & bayinya.., kunjungan setelah persalinan ( 29hr sampai 42 hr ) semoga ibu telah mendapatkan pelayanan ini dari bidan ..., Terimakasih ibu kami tunggu info nya 🙏🏻🙏🏻 dari ( tim GAMPIL PUSKESMAS CIPEUCANG)

------------------

Assalamualaikum.. bagaimana kabarnya ibu laelatul  hari ini..smoga sehat selalu, sudahkah ibu memeriksakan kehamilan..akhir bulan Agustus ini jadwal pemeriksaan kehamilan ibu ( kunjungan k3)..mohon di periksa ke bidan terdekat, atau ke puskesmas Cipeucang..kami tunggu ya Bu 🙏🏻🙏🏻, dari (tim GAMPIL PUSKESMAS CIPEUCANG )

------------------

Cuplikan di atas merupakan beberapa contoh aktivitas admin dan pengelola Program Inovasi KIA, yaitu Program GAMPIL. Program Gampil diawali dengan rekrutmen atau mendata seluruh ibu hamil dan ibu nifas untuk selanjutnya di input (dimasukan) dalam grup Gampil. Semua informasi pelayanan dan tindakan terkait ibu hamil dan anak, akan di sampaikan secara langsung melalui pemberitahuan secara otomatis yang telah diseting dalam Grup Watshap (WAG).

Jadwal kunjungan ibu dan anak termasuk tindakan yang harus dilakukan oleh petugas KIA dari puskesmas akan diberitahukan oleh sistem secara otomatis yang telah diseting sedemikian rupa dalam WAG. Selanjutnya petugas kesehatan dan ibu atau anak (balita) akan bertemu di fasilitas kesehatan yang telah disepakati, misalnya di Puskesmas Pembantu (Pustu), saat Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) atau datang langsung ke Puskesmas.

Program Gampil merupakan salah satu contoh kecil hasil inovasi petuga pelayanan kesehatan UPT Puskesmas Cipeucang, masih banyak inovasi yang harus dilakukan dan pelayanan yang ditingkatkan agar puskesmas dapat memberikan layanan sebagai mana mestinya sesuai dengan perturan.

Berikut ini adalah beberapa contoh partisipasi ibu hamil dan ibu nifas yang masuk dalam WAG Gampil:











    




Related Posts

No comments:

Post a Comment