Mari Berbagi...dan Memberi....

2020-07-26

Contoh Program Kerja Supervisi Kepala Sekolah

| 2020-07-26

Kegiatan supervisi kepala sekolah

Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan formal yang diberikan kewenangan oleh pemerintah dan masyarakat, SMP Negeri 5 Cikeusik harus dikelola secara professional, hal ini tidak lain adalah agar mampu memberikan layanan secara optimal kepada masyarakat khususnya peserta didik.

 


Pemberian keleluasaan pemerintah kepada pihak sekolah melalui Manajajemen Berbasisi Sekolah (School Base Management) yaitu manajemen berbasis sekolah dengan tujuan agar sekolah mampu  mengelola sekolah sesuai dengan kemampuan sendiri dengan harapan bahwa sekolah dapat melaksanakan perannya secara optimal dalam rangka mewujudkan output baik akademik atau academic achievement seperti hasil UN/UAS, OSN, KIR, dll, maupun berupa prestasi non akademik atau non-academic achievement seperti seni, olahraga, pramuka, kreativitas, karakter positif, dll.

Pendidikan yang berkualitas dalam sebuah lembaga pendidikan akan diperoleh apabila seluruh elemen atau warga sekolah secara bersama-sama dan bahu-membahu dalam mewujudkan seluruh program yang telah disusun dan tertuang dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang dalam penyusunannya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai mana telah diubah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, serta telah diubah kedua kalinya dalam PP nomor 13 Tahun 2015.

Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi pada satuan pendidikan memegang peran yang sangat sentral, karena seluruh kebijakan yang diambil merupakan presentasi keputusannya kepala sekolah walaupun didasari atas pertimbangan dan masukan dari warga sekolah lainnya.

Kepala sekolah sebagai guru yang diberikan tugas tambahan untuk mengelola sebuah lembaga pendidikan harus memiliki kecakapan atau kompetensi khusus sebagai mana yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007, bahwa kepala sekolah harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal, yaitu: (1) Kompetensi;    Kepribadian; (2) Kompetensi Manajerial; (3) Kompetensi Kewirausahaan; (4) Kompetensi Suvervisi; dan (5) Kompetensi Sosial.

Salah satu upaya kepala sekolah dalam mengontrol pelaksanaan dan pengelolaan satuan pendidikan (sekolah) adalah melalui pelaksanaan supervisi.  Program ini sangat penting dilakukan sebagai upaya memberikan layanan terbaik bagi warga sekolah khususnya peserta didik. Kegiatan supervisi yang harus dilakukan kepala sekolah meliputi supervisi manajerial maupun supervisi akademis.

Agar kegiatan supervisi dapat berjalan secara efektif , maka harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dengan tidak lupa selalu melaksanakan program tindak lanjut hasil supervisi.

--------------------------------------------------------------------------------------
  1. Contoh program supervisi kepala sekolah, unduh di sini.
  2. Contoh format supervisi administrasi pembelajaran, unduh disini.
  3. Contoh format supervisi pelaksanaan pembelajaran/observasi, unduh di sini.
  4. Contoh format supervisi aspek manajerial, unduh di sini.
--------------------------------------------------------------------------------------







Related Posts

No comments:

Post a Comment